Haug: Mercedes Butuh Waktu

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2011 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 17 37 493134 XGI2RFVgjE.jpg Foto: Norbert Haug (Getty Images)

BRACKLEY – Belum bisa memperlihatkan hasil maksimal sepanjang musim ini, Direktur Motorsports Mercedes, Norbert Haug menegaskan, Mercedes GP masih butuh waktu untuk melakukan pengembangan di mana prosesnya tidak semudah seperti yang dibayangkan.

 

Haug mengambil contoh, diperlukan waktu lima tahun bagi Red Bull untuk mencapai performa seperti sekarang. Berangkat dari pedoman tersebut, Haug menerangkan bahwa keberhasilan Mercedes GP baru bisa terlihat dalam program jangka panjang.

 

“Dibandingkan dengan Red Bull, butuh lima tahun untuk membangun sistem tersebut dan balapan pertama dimenangkan oleh Sebastian Vettel di Toro Rosso dengan menggunakan mobil yang sama,” kata Haug di Autsport, Rabu (17/8/2011). “Dengan segala hormat dan kredit kepada mereka, kami membutuhkan waktu,” sambung Haug.

 

Haug menuturkan, selain waktu diperlukan pengorbanan materi untuk membangun sebuah tim untuk mencapai kesuksesan. “Saya tidak berbicara tentang dua tahun dari sekarang, tetapi jangka waktu yang lama. Jika Anda mencapainya dalam waktu kurang dari lima tahun tanpa membuang uang seperti yang telah dilakukan banyak tim di masa lalu, maka Anda benar-benar sangat istimewa."

 

Dengan situasi ini, Haug pun menyadari betul bahwa ekspektasi timnya meraih sukses bakal semakin sulit, melihat sepak terjang ketiga kompetitior mereka yang telah jauh meninggalkan Mercedes dalam peta persaingan di musim 2011 ini.

 

“Sudah pasti, tahun ini sangat, sangat sulit. Bersaing dengan kelompok tangguh dengan para pesaing yang sangat kuat, mungkin lebih kuat dari sebelumnya dalam sejarah F1. Ferrari dan McLaren berada dalam posisi untuk meraih lebih banyak kemenangan,” ujar Haug.

 

“Dan tentu saja, Red Bull memenangkan sebagian besar persaingan  denga mereka (Ferrari dan McLaren), tetapi keduanya tidak cukup mengesankan untuk menandinginya, tergantung dari karakteristik trek dan kami hanya memposisikan diri sebagai tim nomor empat,” tukas Haug.

 

Untuk mengantisipasi melebarnya jarak poin dengan para pesaingnya, Haug pun tidak sungkan menyerukan kepada seluruh awak tim terus melakukan inovasi di setiap seri seperti yang dilakukan para kompetitornya.

 

“Ada irama intens untuk mengembangkan Mobil, bicaralah kepada Ferrari, McLaren, dan Red Bull dan mereka akan mengakui mereka telah melakukan meng-up grade mobil di setiap seri,” tuntas Haug.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini