nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peluang Terbuka Petinju Pro Berlaga di Olimpiade

Sebastianus Epifany, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2011 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 08 12 41 491372 rKUrsdxUFC.jpg Ilustrasi: Pertarungan dua petinju pro, Amir Khan dan Zab Judah (Foto: Dyalife)

LONDON - Kabar gembira datang untuk para petinju profesional. Peluang nampaknya terbuka bagi para petinju profesional untuk bisa berlaga di Olimpiade 2016 untuk membela negara berlaga di ajang turnamen olahraga multievent terbesar di dunia itu.

 

Hal itu dikarenakan keputusan International Olympic Committee untuk mengesampingkan kemungkinan mengenai hal itu. Pihak The International Amateur Boxing Association (AIBA) sendiri telah memperkenalkan turnamen pro untuk 2013 mendatang dimana petinju yang tampil akan memenuhi syarat untuk Olimpiade 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil.

 

“ Kami sekarang tengah mendiskusikan proyek bersama mereka (AIBA). IOC mendukung partisipasi atlet terhebat di Olimpiade,” ujar juru bicara IOC, seperti dilansir dari BBC Sport, Jumat (12/8/2011).

 

Tahun lalu, AIBA memperkenalkan World Series of Boxing (WSB). WSB ini akan menjadi jembatan antara Olimpiade dengan Tinju Profesional yang memperbolehkan petinju amatir untuk mempertahankan kelayakan mereka di Olimpiade.

 

“Saya kira perkembangan menuju profesionalitas ini sangat penting bagi AIBA. Petinju selalu merasa secara instan langsung berubah menjadi profesional setelah bertanding di Olimpiade. Kami ingin mengubah kultur tersebut, dan menunjukkan ada jalan lain dan inilah waktunya bagi olahraga tinju untuk bergerak maju,” ujar Wu Ching-Kuo, presiden AIBA.

 

“Saya harap kami bisa menarik para petinju profesional yang sangat hebat di luar sana. Saya jelas tidak tahu bila mereka akan bersaing di tinju profesional AIBA, tetapi saya berharap mereka mau karena Olimpiade adalah sesuatu yang sangat spesial, dan tidak ada penghargaan luar biasa di olahraga yang melebihi medali emas Olimpiade,” tutupnya.

 

Bila ini benar-benar terjadi, maka bukan tidak mungkin bila perebutan medali emas tinju perhelatan Olimpiade diisi oleh petinju seperti Amir Khan, Zab Judah, dan bahkan Chris John serta petinju profesional lainnya.

(seb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini