nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Holyfield Bangkitkan Semangat Petinju AS

Muchamad Syuhada, Jurnalis · Minggu 07 Agustus 2011 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 08 07 41 489097 MeQyF67E77.jpg Evander Holyfield/ Foto: Daylife

ALABAMA - Mantan juara dunia kelas berat Evander Holyfield memberikan nasihat kepada anggota tim AS (Amerika Serikat) untuk Olimpiade. Dia berharap para petarung tersebut bisa membuat 'negeri paman Sam' kembali disegani di dunia tinju.

"Jangan biarkan orang menentukan tujuan Anda. Anda sendiri yang menentukan," katanya.

Holyfield berbicara dihadapan khalayak yang hadir di Convention Center Mobile, Sabtu (7/8/2011) malam pada acara jamuan sekaligus perkenalan anggota tim AS yang baru saja dipilih.

Juara kelas berat lima kali mengatakan bahwa tim Olimpiade tahun ini memiliki tekanan lebih ketimbang tim yang ikut dibelanya pada tahun 1984.

"Pada masa saya setiap pemenang ujicoba langsung tampil di Olimpiade," katanya. "Tahun ini, mereka harus pergi mengikuti ujicoba supaya bisa masuk ke kualifikasi untuk Olimpiade. Ada banyak negara lain yang memiliki atlet bagus. Dan selama beberapa tahun terakhir, program di sini belum kuat."

Holyfield merasa alasan AS kehilangan dominasi di arena tinju karena kurangnya dari dukungan berbagai pihak termasuk media, khususnya televisi. "Televisi tidak lagi memberikan tempat. Akibatnya, masyarakat umum tidak melihat perjuangan para petinju amatir dan tidak ada lagi dukungan."

Adapun tinju secara umum, Holyfield mengatakan ada banyak perubahan sejak awal 1990-an.

"Banyak berubah," katanya. "Bila tidak ada yang mempromosikan petinju amatir, maka akan ikut petinju profesional juga akan mati. Selama ini AS selalu memiliki juara kelas berat., tapi dalam enam atau tujuh tahun terakhir sudah tidak ada lagi dan itu menyedihkan," tuntasnya seperti dikutip Boxing Scene, Minggu (7/8/2011).

(msy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini