Lampu Hijau untuk GP Jepang

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2011 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 03 38 487481 V2PlSGfOGw.jpg Foto: Twin Ring Motegi tak jadi ditinggalkan FIM dan tetap akan gelar MotoGP (Getty Images)

MIES – Otoritas tertinggi MotoGP, FIM akhirnya mengkonfirmasikan secara resmi akan kepastian GP Jepang. FIM memutuskan GP Jepang akan tetap digelar sesuai jadwal yang telah diatur ulang, tepatnya pada 2 Oktober mendatang.

 

Sebelumnya, FIM menunggu laporan terakhir dari ARPA, badan independent bentukan FIM yang menginvestigasi radiasi nuklir di sirkuit Twin Ring Motegi. ARPA telah menjernihkan suasana yang tadinya masih simpang siur, terlebih beberapa pembalap sudah menyatakan penolakannya untuk turun di Motegi.

 

“Seperti yang sudah diindikasikan dalam rilis sebelumnya, ARPA telah mengukur level radiasi. Kesimpulan final adalah bahwa 'berdasarkan takaran estimasi dapat dikatakan dengan tidak diragukan lagi bahwa risiko radiasi selama perlombaan bisa diabaikan,” kicau rilis FIM, seperti dilansir Autosport, Rabu (3/8/2011).

 

“Penelitian ini dimaksudkan untuk melengkapi informasi yang telah tersedia dari berbagai Pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia, yang menanggapi situasi umum di Jepang setelah gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada bulan Maret lalu,” lanjut rilis tersebut.

 

Laporan itu mengatakan ARPA mengambil 100 sampel radiasi sekitarnya untuk mengukur serapan individu selama seminggu di Motegi, dan kini semuanya telah dianggap normal kembali.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini