Tim-Tim MotoGP Berkomitmen untuk Jepang

A. Firdaus, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2011 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 26 38 484409 rybTRaK0mk.jpg Pergelaran Seri Motegi Musim Lalu (foto:daylife)

LAGUNA SECA - Grand Prix Jepang dipastikan akan digelar pada awal Oktober nanti. Terkait hal itu, ada kabar berhembus bahwa tim-tim MotoGP akan memboikot seri tersebut. Namun, Bos International Race Teams Association, Mike Trimby membantah isu tersebut dan menegaskan mereka tidak pernah mengancam seri Motegi tersebut.

 

Kekhawatiran radiasi nuklir pasca-gempa sempat muncul dan seri Motegi Jepang terancam batal digelar. Namun, Dorna dan FIM mengonfirmasikan bahwa Motegi layak digelar. Seri yang berlangsung pada 2 Oktober nanti tepatnya di daerah sekitar Twin Ring Motegi dinyatakan aman dari radiasi nuklir.

 

Seperti dilansir MCN, Selasa (26/7/2011), Mike Trimby mengatakan dalam diskusinya bahwa tak ada tim yang telah memberitahukan niat mereka untuk tidak berpartisipasi pada seri Motegi nanti.

 

Kabarnya, hampir semua pembalap MotoGP menandatangani petisi di Mugello awal Juli ini. Mereka menyatakan niat mereka untuk tidak mengikuti balapan di Jepang, terlepas dari apakah laporan ARPA yang mengatakan hal itu aman untuk diselenggarakan.

 

Tapi Trimby mengatakan tidak ada ancaman boikot dari tim dalam mendukung posisi pembalap. “Tim selalu berkomitmen untuk Jepang. Kami belum mengadakan pertemuan tentang hal ini, tetapi semua pemilik tim yang saya ajak bicara mengatakan bahwa selama area tersebut tidak berbahaya, mereka akan mengikuti seri tersebut,” jelas Trimby.

 

Keputusan Trimby itu juga dibenarkan oleh pemerintah di seluruh dunia dan mengatakan daerah tersebut bebas dari radiasi nuklir, termasuk dari World Health Organisation (WHO).

 

“Ini akan menjadi berita sensasional jika mereka (ARPA) mengatakan itu tidak aman. Berarti semua berita di dunia akan disimpulkan bahwa pemerintah Jepang dan semua pemerintah di seluruh dunia serta WHO telah berbohong,” pungkasnya.

 

Sejauh ini, memang tidak ada tim yang menyatakan bakal memboikot Seri GP Jepang. Hanya, dua kandidat kuat juara musim ini Casey Stoner (Repsol Honda) dan juara dunia musim lalu Jorge Lorenzo (Yamaha) yang mengaku enggan tampil di Motegi.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini