Akankah Dwight Howard Bergabung dengan Los Angeles Lakers?

Jum'at 22 Juli 2011 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 22 36 483100 el9VVuTZef.jpg

Apakah Dwight Howard akan pindah ke Los Angeles Lakers di tahun 2011 atau 2012? Kontrak Howard sendiri akan berakhir bersama Orlando Magic di tahun 2012. Setelah menjadi free agent di tahun 2012, prinsipnya dWIFHR Howard bebas bergabung dengan tim mana saja yang ia mau di NBA.

 

Howard juga bisa bergabung dengan Los Angeles Lakers di tahun 2011 via trade apabila kedua belah pihak setuju [yakni Orlando Magic bersedia mentradenya dan Los Angeles Lakers harus menyiapkan pemain/tawaran menarik untuk pihak Magic].

 

Pertanyaannya untuk Orlando Magic, apakah mereka siap untuk melepas center yang mereka draft di urutan pertama pada tahun 2004? Masalahnya center yang diambil langsung dari bangku SMA ini telah menjelma menjadi center terbaik di NBA saat ini. Camkan kata terbaik di kalimat sebelumnya.

 

Kita lihat dalam beberapa tahun terakhir sejak tahun 2000, untuk menjadi juara di NBA sebuah tim membutuhkan [minimal] seorang big man yang handal. Sebut saja nama Shaq, Tim Duncan, Dirk Nowitzki, Pau Gasol, Rasheed Wallace, dan Kevin Garnett.

 

Dwight Howard masuk dalam kategori big man yang dibutuhkan sebuah tim untuk juara.

Sekarang pertanyaannya apakah Orlando Magic mau melepas pemain terbaik mereka? Ingat Dwight Howard adalah peraih tiga gelar Defensive Player of the Year.

 

Seandainya iya, maka mereka telah belajar dari kasus kepindahan Deron Williams ke Nets [dari Utah Jazz]. Utah mentrade Deron Williams satu tahun sebelum kontraknya berakhir, untuk menghindari kepusingan yang akan mereka hadapi ketika Deron Williams menjadi free agent.

 

Manajemen Utah Jazz pun melihat kasus LeBron James dan Chris Bosh yang pindah dari timnya masing-masing dengan status free agent. Tim pasti akan merugi apabila kehilangan pemain saat free agency, karena mereka kehilangan superstar and get nothing in return.

 

Manajemen Utah Jazz berpikir, daripada mereka kehilangan Deron Williams via free agency, lebih baik mereka mentradenya sebelum kontraknya habis dan masih memiliki value untuk ditukar.

 

Apabila tim lain mendapatkan Deron Williams via trade, secara aturan mereka harus mengorbankan sesuatu. Apabila pemain tersebut didapatkan via free agency, maka tim lain tidak perlu mentrade pemain mereka sendiri. Otomatis tim harusnya menjadi lebih kuat bila mendapatkan pemain via free agency karena tidak mengorbankan apapun.

 

Satu hal yang jelas, tidak ada tim yang untung ketika mentrade superstarnya. Lihat saja Shaq yang menjadi juara di Miami Heat setelah ditrade oleh Los Angeles Lakers, atau Kevin Garnett yang ditrade oleh Minnesota Timberwolves, atau Rasheed Wallace yang ditrade oleh Portland Trailblazers, bahkan Pau Gasol yang ditukar oleh Memphis Grizzlies!

 

Nah kembali lagi ke Orlando Magic dan Dwight Howard. Apabila Orlando Magic mentrade Dwight Howard di musim 2011-2012, maka kita bisa mengaplikasikan logika yang sama dengan alasan Utah Jazz mentrade Deron.

 

Boleh dibilang secara prestasi, Orlando Magic tidak memberikan roster yang maksimal untuk Dwight Howard menjadi juara. Itu juga bisa menjadi alasan buat Dwight Howard untuk pindah dari Orlando Magic via free agency di tahun 2012.

[Bersambung ke Akankah Dwight Howard bergabung ke Los Angeles Lakers Part 2]

 

Neilson Gautama

NBA Presenter

Follow my twitter at: http://twitter.com/neilsongautama

Join group NBA Indonesia on facebook: http://www.facebook.com/group.php?gid=58998467527

MyFansClub: http://www.facebook.com/pages/Neilson-Gautama-Fans-Club/134018783329305

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini