Duo Honda Juga Tak Hormati Team Order

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2011 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 13 38 479481 7CeXHt8XLq.jpg Foto: Andrea Dozioso (depan) & Casey Stoner (belakang)/ Getty Images

HOHENSTEIN-ERNSTTHAL – Masalah team order yang kontroversial ternyata tak hanya eksis di Formula One (F1). Di MotoGP persoalan ini juga timbul setelah Andrea Dovizioso melakukan overtaking atas rekan se-timnya, Casey Stoner pada GP Italia lalu.

 

Sebelumnya, persoalan team order ini menimpa Mark Webber, pembalap Red Bull Racing yang sempat ingin menyalip rekannya, Sebastian Vettel pada GP Inggris akhir pekan lalu. Webber mendapat perintah lewat team order untuk tidak menyalip, Vettel demi menjaga peluang poin Vettel. Kini hal itu menimpa Dovi yang membuatnya layaknya Webber di F1.

 

Isu ini muncul di MotoGP setelah Stoner disalip Dovi dan akhirnya membuat Stoner kehilangan empat poin. Namun Dovi segera mendapat pembelaan dari Stoner sendiri. Menurutnya, Dovi masih berpeluang juara dan ingin membiarkan bersaing dengan caranya sendiri.

 

Stoner dan Dovi juga mengimbau Repsol Honda, agar tak perlu mengeluarkan team order karena mereka juga takkan mematuhinya. Buat mereka perintah tim itu hanya menjadi kendala dala performa mereka dalam menjalani lomba. Mereka tak setuju adanya team order di tim Honda ini.

 

“Saya tak percaya pada team order. Mungkin anda dapat memenangkan kejuaraan dengan team order tapi hal itu tak membuat saya dalam keadaan bersaing di kejuaraan. Saya rasa ada jalan lain yang lebih baik untuk menang,” tutur Stoner sebagaimana dikutip MCN, Rabu (13/7/2011).

 

“Menurut saya team order itu ditiadakan saja. Karena ini bukanlah sepakbola; tak semuanya berada dalam satu tim dan bermain untuk satu hal. Kami bersaing masing-masing. Dan Andrea masih punya kesempatan untuk juara, jadi saya tak setuju akan team order,” tutup juara dunia 2007 ini.

 

Dovizioso juga sependapat dengan Stoner. “Honda memiliki tiga pembalap yang ingin berusaha menang, jadi mereka tentu ingin bersaing dengan siapapun,” pungkas Dovi.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini