nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendidikan Jasmani, Bentuk Karakter Positif Moral Bangsa

Prabowo, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2011 20:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 05 21 43 459558 NqYMLQUnri.jpg Foto: Andi Mallarangeng mengatakan olahraga dan pendidikan jasmani memiliki peluang yang sangat besar untuk membentuk kepribadian positif (dok. Okezone)

YOGYAKARTA - Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Menegpora) Republik Indonesia, Andi Mallarangeng mengatakan olahraga dan pendidikan jasmani memiliki peluang yang sangat besar untuk membentuk kepribadian positif untuk generasi muda bangsa. Sebab, dengan dua hal itu tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

 

“Pendidikan jasmani dan olah raga merupakan konteks aktivitas jasmani paling signifikan untuk perkembangan karakter moral bangsa,” kata Andi saat menyampaikan pidato dies natalis Univesitas Negeri Yogyakarta.ke-47 di Auditorium kampus tersebut, Sabtu (21/5/2011)

 

Mantan Jubir Presiden SBY ini menambahkan, pendidikan jasmani yang dirancang dengan baik akan secara bersamaan membantu menumbuhkan moral karakter bangsa. Untuk itu pendidikan jasmani sangat bagus diberikan mulai anak-anak hingga jenjang perguruan tinggi, kata alumnus fisipol UGM Yogyakarta tahun 86 ini.

 

Tidak di pungkiri, lanjut Andi, pendidikan jasmani di Indonesia belum dilakukan dengan baik dan efektif. Masih banyak kelemahan dalam pendidikan jasmani yang dilakukan di bangku sekolah maupun perguruan tinggi.

 

Pria kelahiran Makasar Sulawesi Selatan ini memaparkan, struktur program olah raga bagi anak-anak dan kurangnya model yang baik dari pelatih, kebanyakan fokus hanya pada pengembangan keterampilan fisik dan teknik dasar saja. Begitu juga dalam pembinaan mental generasi muda.

 

Sementara, lanjut dia, kelemahan lannya tentang fasilitas maupun penunjang proses belajar mengajar. Tidak sedikit guru pendidikan jasmani pesimis dengan kurikulum yang diajarkan.

 

“Keadaan seperti itu harus diperbaiki dengan penyempurnaan program, baik kurikulum maupun pengajarnya. Kita berharap generasi muda ini nanti memiliki karakter yang jelas, tegas, tanggap, dan menjadi kebanggaan bangsa,” ucap ayah Gemilang Mallarangeng dan Gemintang Gejora Mallarangeng ini.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini