Rossi: GP11 Masih Kurang Cepat!

Achmad Firdaus, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2011 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 14 38 457047 6xZGwwBrgB.jpg Foto: Valentino Rossi saat melakoni sesi latihan jelang MotoGP Prancis/Daylife

LE MANS - Sasis baru yang digunakan Ducati ternyata tidak cukup ampuh untuk mendongkrak kecepatan Desmosedici GP11. Pembalap andalan Ducati, Valentino Rossi menilai motornya masih kurang cepat.

Komentar tersebut dilontarkan The Doctor usai melakoni dua kali sesi free practice jelang MotoGP Prancis di Le Mans, Minggu (15/5/2011) nanti. Diketahui, dalam dua sesi latihan Jumat, kemarin, Rossi gagal mencatatkan hasil impresif. Di sesi latihan pertama, Rossi hanya mampu menempati posisi enam. Sementara di sesi berikutnya (FP II), juara dunia sembilan kali ini melorot ke urutan sembilan.

Kondisi ini jelas membuat Rossi cemas jelang balapan di Le Mans. Pembalap veteran Italia ini pun meminta awak timnya segera membenahi performa GP11, terutama dalam hal akselerasi yang dinilainya tidak lebih lambat dari para rivalnya.

“Jelas, ini bukan hasil yang positif buat kami. Pertama (FP I), kami sedikit tidak beruntung. Kami butuh lima menit tambahan di sesi tersebut, karena kami melakukan modifikasi pada shock belakang, yang terbukti cukup membuat saya merasa lebih baik. Motor tidak terlalu bergetar, tapi saya hanya mampu melakoni dua lap. Saat saya mulai kompetitif, lalu bendera tanda berakhirnya sesi dikibarkan,” keluh Rossi menganalisa performanya di sesi Free Practice I.

“Jika saya memiliki dua lap lagi, mungkin saya bisa meningkatkan catatan waktu dan juga posisi. Meski begitu, kami tetap masih cukup jauh (dari rival), karena kami mengalami masalah cukup besar dalam akselerasi. Motor nampaknya terlalu gugup, sehingga banyak bergerak (tidak stabil),” sambungnya dikutip MCN, Sabtu (14/5/2011).

“Kami sudah bisa meningkatkan performa di sektor sistem elektronik. Tapi, kami harus mencoba memperbaiki akselerasi karena saya kehilangan banyak waktu. Selain itu, motor juga masih mengalami masalah saat melibas tikungan. Saya seperti seorang perempuan tua yang menenteng tas belanjaan dari supermarket dan menuju pulang ke rumah. Saya sangat lambat di area itu (tikungan),” tandasnya.

Ducati masih memiliki satu kesempatan untuk memperbaiki settingan, dan mengujinya di sesi latihan terakhir, hari ini. Jika berhasil, maka, Rossi berpeluang mendapatkan hasil positif di sesi kualifikasi, namun bila gagal, besar kemungkinan pembalap 32 tahun ini akan kembali hanya bertarung di barisan tengah.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini