Inovasi Baru Bridgestone di Le Mans

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2011 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 12 38 456507 QYAJiCz2a9.jpg Foto:Ist

LE MANS – Ada yang berbeda dalam penggunaan ban dalam balapan di sirkuit Le Mans akhir pekan nanti. Bridgestone, sebagai supplier tunggal ban MotoGP akan melakukan perubahan dalam komponen ban. Produsen ban asal Jepang itu akan memasukkan komponen ban lunak asimetris.

Ini dilakukan semata untuk menyesuaikan karakteristik sirkuit Le Mans yang licin serta halus. Dalam pernyataan resmi pihak Bridgestone yang diwakili Hirohide Hamashima selaku Assiten Direktur Divisi pengembangan ban Motorsport, Bridgestone, pihaknya akan menambahkan senyawa lunak pada produk ban mereka.

“Le Mans adalah sirkuit yang licin dan halus dan kami sudah mengujinya di awal tahun ketika suhu trek rendah sehingga komponen   lembut diperlukan untuk menghasilkan grip  dan inilah alasan mengapa kami menggunakan ban belakang baru asimetris yang lembut di Prancis,” jelas Hamashima di situs resmi MotoGP, Kamis (12/5/2011).

Inovasi pengembangan ban ini dilakukan semata untuk membuat proses pemanasan ban berlangsung cepat dengan kondisi trek yang dingin.

“Kami telah mengembangkan senyawa lunak tambahan pada akhir tahun lalu dan kami telah menggunakannya di Portugal dan Valencia, tapi selama pengujian musim dingin kami telah memasukkan komponen ban lunak asimetris yang benar- benar baru. Ini dirancang untuk bekerja ketika kondisi dingin agar proses pemanansan lebih cepat,” tutur Hamashida.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini