Apakah Kobe Lebih Baik dari Jordan? (Part 1)

Selasa 10 Mei 2011 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 10 36 455300 JgnckfGCQg.jpg

Hanya ada dua label untuk pemain dalam olahraga: juara atau gagal. Kemenangan adalah satu-satunya tolak ukur kesuksesan seorang atlit dalam olahraga dan jumlah kejuaraan yang dimenangkan atlit tersebut adalah satu-satunya statistik yang relevan dalam mengukur kemampuan seorang pemain.

Baik anda setuju ataupun tidak, memang banyak cara untuk mengukur kehebatan seorang pemain. Namun biarlah kita berasumsi bahwa anda semua setuju akan hal ini. Karena dalam sebuah olahraga, kemenangan sangatlah dihargai. Kita suka seorang pemenang.

Kita suka bila tim kita berhasil menang. Dengan berdasarkan pandangan di atas, maka tolak ukur kehebatan seorang pemain basket bisa diukur dari cincin juara yang ia dapatkan.

Jordan adalah pemain terbaik yang pernah memainkan olahraga bola basket di dunia. Seorang model yang super perfect untuk semua orang yang ingin belajar basket.  Memiliki fondasi basket yang bagus, mempunya jiwa kepempimpinan, dan yang paling penting, ia menang.

Enam cincin juara didapatkan Jordan tiga kali berturut-turut di tahun 1991-1993 dan 1996-1998. Saya akan melewatkan Bill Russell sebagai pemain terhebat dengan 11 cincin juara dalam argumen ini karena dua alasan: 1) Saya tidak pernah melihat permainan Bill Russel, 2) Persaingan tim-tim di NBA pada era Russell tidak seketat sekarang.

Misalnya pemain berkulit hitam masih sedikit jumlahnya waktu itu. Aturan-aturan yang membatasi jumlah pemain hebat dalam satu tim seperti salary cap dan luxury tax belum ada. Free agency belum diciptakan. Olahraga basket belum berkembang seperti zaman sekarang dengan adanya scouting kelemahan lawan, peraturan-peraturan basket seperti garis three point, dan lain-lain.

Intinya, era Russel ketika ia meraih 11 cincin tidak bisa dikomparasi dengan era Jordan yang meraih enam cincin karena situasinya jauh berbeda.

Kobe adalah pemain yang hebat. Lima cincin juaranya tidak bisa dikesampingkan dan dipandang sebelah mata. Lima cincin juara adalah sebuah prestasi yang hebat. Namun Kobe tidak akan pernah bisa melewati Jordan walaupun ia mendapat enam cincin juara sekalipun.

Di akhir artikel ini, anda akan mengerti alasan saya mengatakan hal tersebut. Tiga cincin juara pertama Kobe diraih bersama Shaq, seorang pemain yang sangat dominan di liga NBA saat itu, bahkan lebih hebat dibanding Kobe versi muda. Shaq adalah alasan besar kenapa Kobe mendapat tiga cincin pertamanya. Tanpa Shaq saat itu, sulit buat Lakers menjadi juara.

Kobe memang adalah seorang pemain dengan kemampuan individual yang hebat. Hal itu ditunjukkannya ketika ia mencetak 81 points dalam satu pertandingan di regular season. Namun sayangnya, seiring dengan ditinggalnya Shaq, prestasi Lakers langsung merosot jauh, dan prestasi individual hebat Kobe tertutup dengan buruknya rekor Lakers di regular season saat itu.

Tanpa cincin juara, apalah artinya jika Kobe mau mencetak 100 points dalam sebuah game sekalipun. Malah Shaq lebih dulu mendapat cincin keempatnya di tahun 2006 bersama Miami Heat, setelah berpisah dengan Kobe.

Salah satu keberuntungan Kobe ketika mendapat tiga cincin pertamanya adalah: ia masuk ke NBA di usia muda [langsung bermain di NBA setelah lulus SMU], mendapatkan tim yang bagus di usia muda, dan pelatih yang sudah terbukti sukses [Phil Jackson dengan enam cincin juara sebelum bergabung dengan Lakers].

Namun Jordan juga beruntung karena di era keemasannya, Jordan tidak harus berbagi spotlight dengan Magic Johnson ataupun Larry Bird. Walaupun demikian, Jordan menghancurkan semua pemain hebat yang menghalangi jalannya menuju tangga juara, diantaranya: Isiah Thomas, Magic Johnson, Clyde Drexler, Patrick Ewing, Alonzo Mourning, Charles Barkley, Gary Payton, John Stockton, Karl Malone, Shawn Kemp, John Starks, Tim Hardaway, dan masih banyak lagi....[bersambung ke APAKAH KOBE LEBIH BAIK DARI MJ? PART 2]

Neilson Gautama

NBA Presenter

Follow my twitter at: http://twitter.com/neilsongautama

Join group NBA Indonesia on facebook: http://www.facebook.com/group.php?gid=58998467527

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini