nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nadal: Turun Peringkat? Tak Masalah

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 09 Mei 2011 16:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 05 09 39 455046 6qG0pilgBt.jpg Foto: Rafael Nadal memamerkan trofi juara kedua usai dikalahkan Novak Djokovic di final Madrid Masters/Getty Images

MADRID - Posisi Rafael Nadal sebagai petenis peringkat satu dunia terancam menyusul kekalahannya dari Novak Djokovic pada final Madrid Masters, dini hari tadi. Posisi petenis Spanyol ini pun terancam turun ke peringkat dua.

Sepanjang musim ini, performa Nadal memang terbilang cukup apik dengan berhasil menjuarai Barcelona Open. Namun, jika dibandingkan dengan Djokovic, penampilan Nadal masih kalah mentereng. Djokovic berhasil meraih enam kemenangan sepanjang tahun ini, kendati sempat dibekap cedera dan membuatnya absen di Barcelona Open.

Secara individu, rekor pertemuan Nadal dan Djokovic sepanjang musim ini juga masih memihak petenis berjuluk The Djoker. Dari tiga duel yang telah dilakoni keduanya, Djokovic sukses menyapu bersih semuanya dengan kemenangan. Yang terakhir diraihnya di Madrid Masters di mana itu merupakan kemenangan pertama dari 10 kali duelnya dengan Nadal di tanah liat.

Kondisi ini praktis membuat selisih poin Nadal dengan Djokovic dalam ranking ATP kian menipis. Djokovic yang menempati urutan dua kini mengoleksi 9710 poin, dan hanya terpaut sekira 2200 poin dari Nadal (11915). Jika, pada turnamen berikutnya di Roma Nadal gagal melangkah hingga semifinal, sementara Djokovic kembali tampil sebagai juara, maka petenis Spanyol ini pun harus merelakan posisinya direnggut Djokovic yang akan mentasbihkan diri sebagai petenis nomor wahid dunia.

“Jika saya kehilangan tempat di peringkat pertama dunia, itu bukan akhir dari dunia. Jika saya harus turun peringkat ke posisi dua, saya tidak masalah dan akan tetap senang,” ujar Nadal sebagaimana dikutip situs resmi ATP, Senin (9/5/2011).

“Saya sudah cukup senang bisa bermain di lapangan dan merasa bahwa saya masih cukup kompetitif. Tapi, untuk saat ini saya memang belum mampu mengalahkannya (Djokovc). Tapi saya akan mencoba, bekerja keras dan akan mengalahkannya (suatu saat nanti). Hal yang bagus pasti datang dan anda harus lebih bersabar,” lanjutnya.

Pada ajang Internazionali BNL d’Italia di Roma yang akan dimulai pekan ini, Nadal diketahui menyandang status juara bertahan. Kebetulan turnamen ini juga akan dimainkan di lapangan favoritnya, tanah liat.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini