Ganda Campuran Pastikan Satu Gelar

Edi Yulianto, Jurnalis · Sabtu 30 April 2011 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 30 40 451818 ea1BfcBxod.jpg Ganda campuran Indonesia Pia Zebadiah Bernadeth/Fran Kurniawan. Foto: Ist

JAKARTA – Ganda campuran Indonesia Pia Zebadiah Bernadeth/Fran Kurniawan lolos ke babak pamungkas India Open Super Series 2011. Unggulan ketiga tersebut merebut tiket final setelah menundukkan ganda campuran asal Malaysia Peng Soon Chan/Liu Ying Goh dengan kemenangan straight set 21-12, 21-16 pada pertandingan di New Delhi, India, Sabtu (30/4/2011).

Yang menarik, ganda campuran Indonesia dipastikan akan merebut tempat teratas di ajang ini. Pasalnya, Pia/Fran akan bertemu ganda campuran Indonesia lainnya, Lilyana Natsir/Tontowi Ahmad. Pasangan ini lolos ke partai puncak setelah menundukkan ganda campuran Indonesia lainnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto, yang mundur karena cedera dalam kedudukan 21-17, 15-9.

Sukses dua tim ganda campuran Indonesia itu diikuti ganda putra Indonesia. Pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra juga memastikan diri lolos ke final setelah mengalahkan senior mereka yang juga unggulan ketiga Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan dalam pertandingan rubber set 21-23, 21-18, 21-14, pada semifinal, Sabtu (30/4/2011).

Namun, tantangan berat tetap menghadang ganda putra Indonesia tersebut. Pasalnya, di final hari ini, mereka akan berhadapan dengan asal Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata. Unggulan keempat itu lolos setelah menaklukkan unggulan utama asal Malaysia Koo Kien Kiet/Tan Boon Heong 21-16, 21-19.

Di nomor lain, satu peluang Indonesia justru melayang. Pasangan ganda putri Indonesia Meiliana Jauhari/Greysia Polii gagal melaju ke final setelah dikalahkan ganda Jepang Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.

Dengan hasil ini, Indonesia hanya berpeluang di dua nomor saja, yakni ganda campuran dan ganda putra. Bahkan, peluang Indonesia di nomor tunggal putra sudah melayang sejak Taufik Hidayat kalah dari pemain asal Korea Selatan Park Sung-hwan 17-21, 17-21 di babak perempat final. Sung-hwan sendiri akhirnya gagal ke final setelah dikandaskan pemain Denmark Peter Hoeg Gade 15-21, 19-21 pada semifinal kemarin. Di final, Gade akan berhadapan dengan pemain unggulan utama asal Malaysia Lee Ching Wei yang menundukkan pemain China Yun Hu 21-11, 21-15.

Sementara itu, mantan pebulu tangkis nasional Rudi Hartono menyatakan bahwa hasil di India Open tersebut, terutama all-Indonesian Final di ganda campuran, bisa dibilang sebuah kebangkitan bulu tangkis Indonesia.

Namun, prestasi itu tak boleh hanya sampai di situ. Dia meminta para pemain Indonesia untuk terus menjaga konsistensinya. ”All-Indonesia Final di ganda campuran termasuk hasil yang bagus. Apalagi, para atlet yang lolos termasuk para pemain muda,” ujar Rudi.

Meski begitu, Rudi juga menyinggung bahwa India Open belum sepenuhnya bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan. Pasalnya, para pemain China yang menguasai dunia, tidak hadir di turnamen tersebut. ”Tapi apa pun, hasil ini harus tetap diapresiasi karena ini akan menambah motivasi atlet di pertandingan-pertandingan berikutnya,” tandas Rudi.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini