nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Regulasi Penggabungan Berat, Stoner Dukung Pedrosa

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Minggu 24 April 2011 16:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 04 24 38 449362 PyewV7eBwc.jpg Foto: Casey Stoner dan Dani Pedrosa dalam sebuah kesempatan bersama (Getty Images)

JEREZ – Pembalap Repsol Honda, Casey Stoner secara terbuka membela rekan satu timnya terkait wacana regulasi penggabungan berat badan motor dan pembalap.

Pedrosa memang dikenal lantang menentang rencana regulasi mengenai aturan batas berat minimum rider dengan motornya. Alasannya sederhana, ia mendapat keuntungan besar di atas motor dengan postur tubuhnya yang mungil.

Tidak dapat disangkal, Pedrosa memang pembalap dengan gesture yang jauh berbeda di banding para kompetitornya. Perlu diketahui, berat badan Pedrosa jauh leebih ringan 20kg dibanding Marco Simonceli, pembalap San Carlo Honda Gresini yang vokal bersuar agar DORNA dan FIM mendukung aturan baru di kelas para Raja.

Dan ternyata bukan hanya Simoncelli yang mensupport ide ini, duo Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden pun menyetujui rencana ini yang mulai dibahas di Jerez awal bulan ini.

“Menurut saya, ini suatu hal menarik dan banyak orang yang  tidak memiliki titik valid. Tapi jujur, saya merasa kasihan denga Pedrosa dalam situasi ini. Ada pro dan kontra di dalamnya,” kata pembalap asal Australia itu sebagaimana dikutip MCN, Minggu (24/4/2011)

“Dalam beberapa situasi, ukuran (tubuh) Pedrosa jelas bukan keuntungan bagi dirinya. Orang yang lebih besar memiliki keuntungan dari orang yang lebih kecil. Sekarang   kami memiliki motor dengan horse power yang lebih besar dibandingan era 2-takt dan tidak ada yang mengeluhkan tentang hal itu,” jelas Stoner mengurai alasan mengapa ia belakangan Pedrosa.

Ia melanjutkan. “Beberapa pembalap sekarang lebih banyak mengeluh meskipun tenaga motor telah bertambah dan menemukan masalah traksi. Saya kira ini bagian terpenting. Jika Anda lebih berat, Anda memiliki daya tarik sedikit lebih mudah.”

“Saya berada dalam era baru selama bertahun-tahun  untuk mencari kontrol traksi yang sangat penting dan saya ingin menemukan berbagai alasan di manapun mengenai hal yang berbeda dan ada pro-kontra di dalamnya,” tukas Stoner.

“Dengan ukuran tubuhnya, Dani mengalami banyak kesulitan namun tidak ada komplain darinya. Selalu ada diskusi mengenai hal ini. Jika Anda telah berjuang untuk mencari traksi, kenapa Anda selalu mengeluh tentang traksi?,” tanya Stoner mengakhiri.

(edo)

Berita Terkait

MotoGP

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini