Latihan Timnas Basket SEA Games Putra

Minggu 10 April 2011 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 10 36 444369 Np8n9gxNMD.jpg Foto: Neilson Gautama

JAKARTA - Persiapan tim SEA Games untuk tim bola basket nasional putra sudah dimulai sejak pertengahan Maret 2011. Walaupun jarak kompetisi tersebut baru akan berlangsung di bulan November, mereka sudah akan dipersiapkan kurang lebih 7-8 bulan dari hari H. Durasi waktu 7 bulan yang terkesan lama, sebenarnya masih tergolong singkat buat para pemain timnas untuk mengenal satu sama lain dan bermain kompak.

 

Saat ini dipanggil 24 kandidat yang dirasa sebagai peluang terbaik Indonesia untuk meraih medali emas di Sea Games nanti. 24 orang tersebut nantinya akan disusutkan menjadi 15 orang melalui proses seleksi bertahap. Bagi para pemain timnas putra yang tinggal di Jakarta, akan berpulang kembali ke rumahnya masing-masing, sementara bagi calon pemain timnas yang berasal dari luar daerah akan dikumpulkan di satu tempat untuk menginap bersama.

 

Pada latihan bersama timnas putra tanggal 27 Maret 2011 di Hall A Senayan yang saya saksikan, head coach timnas putra-Rastafari mencoba untuk menerapkan metode latihan yang telah mereka terima dari tim pelatih Australia. Rastafari mencoba untuk mentes kemampuan shooting pemain Indonesia, dimana pelatih dari Australia meminta agar setiap hari bisa memasukkan 400 tembakan dalam jangka waktu latihan yang sudah ditentukan. Pada kenyataannya Rastafari mengungkapkan bahwa sulit untuk mencapai target tersebut.

 

Pada tanggal 30 Maret 2011, 24 calon pemain timnas putra mulai menjalani program character building di Batu Jajar selama 2 minggu. Program character building yang diterapkan KONI di Batu Jajar, wajib diikuti oleh semua kontingen olahraga selama dua minggu tanpa terkecuali. Walaupun Faisal, calon point guard timnas Indonesia, dan Rastafari, head coach dari timnas, merasa bahwa latihan tersebut kurang efektif, namun tetap mereka menjalaninya dengan penuh semangat karena mereka akan membawa nama negara Indonesia bertanding di kancah internasional. Sepulangnya timnas Indonesia dari Batu Jajar, 18 pemain [dari 24 calon pemain] yang akan masuk timnas akan ditentukan di akhir April.

 

Suasana latihan timnas putra yang keras di lapangan hall A Senayan Jakarta pada tanggal 27 Maret 2011, membuat saya penasaran dengan situasi persaingan diantara sesama 24 calon pemain timnas basket putra 2011. Apakah benar permainan keras di lapngan merupakan hasil dari persaingan pemain antar klub yang terbawa ke latihan timnas. Saya bertanya langsung pada salah satu kandidat PG timnas Indonesia, Faisal.

 

“Persaingan itu tentu saja ada. Sudah pasti harus ada persaingan diantara sesama pemain, karena dari persaingan timbul siapa yang lebih baik di antara kita,” ujar pemain dengan nama lengkap Faisal J. Achmad itu. “yang penting persaingan secara positif aja.” tambahnya. Rastafari, pelatih utama timnas Indonesia, menambahkan, “Sejauh ini sih belum ada masalah. Kalau buat saya, main keras di lapangan itu tidak menjadi masalah. Asal jangan sampai ada masalah pribadi yang dibawa ke lapangan.”

 

Bung Toto Sudarsono dari Perbasi pun berkomentar bahwa para pemain sudah melupakan persaingan mereka di klub. Ia percaya bahwa tidak ada rivalitas antar pemain ketika mereka sudah mengenakan baju latihan timnas, karena ke-24 pemain sedang mempersiapkan diri untuk satu event nasional, dan mereka dipercayakan untuk mewakili negara Indonesia

 

Menurut Faisal, karena materi timnas Indonesia kurang lebih sama dari tahun 2005 [hanya sedikit perubahan di beberapa posisi, namun tetap memiliki pemain kunci yang sama], maka ketika mereka bertemu lagi untuk latihan bersama di tahun 2011, mereka sudah saling kenal satu sama lain dan keakraban antar pemain sudah terjalin.

 

Neilson Gautama

NBA Presenter

Add my fanpage on facebook: http://www.facebook.com/pages/Neilson-Gautama-Fans-Club/134018783329305

Follow my twitter at: http://twitter.com/neilsongautama

Join group NBA Indonesia on facebook: http://www.facebook.com/group.php?gid=58998467527

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini