Share

Siapa Terbaik di Jerez?

Achmad Firdaus, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2011 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 29 136 440152 VKSvsQOnEB.jpg Foto: Jorge Lorenzo tengah memimpin balapan di MotoGP Qatar/Getty Images

PERTARUNGAN MotoGP 2011 akan memasuki seri kedua di GP Spanyol, akhir pekan ini. Siapakah yang akan berdiri di podium teratas di sirkuit Jerez?

Jika merujuk pada hasil seri perdana di Losail, Qatar, Minggu (20/3/2011) lalu, Casey Stoner berhak menempati unggulan teratas. Bahkan, pembalap anyar Repsol Honda berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan unggul lebih dari tiga detik dari juara dunia Jorge Lorenzo yang harus puas menempati podium dua.

Namun, untuk balapan kali ini, Stoner nampaknya bakal sulit mengulang suksesnya seperti di balapan pertama. Lorenzo dan rekan setimnya, Dani Pedrosa dipastikan bakal memberikan perlawanan lebih keras, karena bakal tampil di hadapan publik sendiri. Apalagi Stoner juga tidak memiliki catatan bagus di Jerez. Capaian terbaik rider Australia ini hanya finis ketiga di musim 2009 lalu.

Kebetulan, kedua musuh Stoner itu juga mencatatkan hasil impresif pada balapan di sirkuit yang sama pada musim lalu. Ya, Lorenzo dan Pedrosa memang terlibat pertarungan sengit pada seri Jerez musim lalu. Pembalap Yamaha membutuhkan bahkan harus bersabar hingga memasuki lap terakhir untuk melewati Pedrosa dan menyentuh garis finis pertama.

Bagi Lorenzo, kemenangan di Jerez merupakan suatu hal yang vital. Selain untuk memberi suntikan semangat agar bisa terus berjuang mempertahankan gelar, pembalap andalan Yamaha ini tentunya ingin memberikan persembahan manis untuk fans tuan rumah yang pastinya akan bersorak untuk mendukungnya.

Setali tiga uang, Pedrosa juga pastinya ingin mencatatkan hasil sempurna di kandangnya, plus mengulang sukses menjadi juara di Jerez seperti yang sempat dilakukannya pada musim 2008 lalu. Lebih lanjut, Pedrosa juga pastinya enggan kembali hanya menjadi pembalap nomor dua seiring kehadiran Stoner.

Selain ketiga pembalap di atas, nama Valentino Rossi jelas tidak bisa dipinggirkan. Meski masih dalam proses adaptasi dengan tunggangan barunya, Ducati Desmosedici GP11 dan cedera bahu yang belum sepenuhnya pulih, namun nama The Doctor jelas tetap merupakan ancaman di balapan nanti.

Seperti diketahui, Rossi merupakan pembalap yang memiliki rekor paling gemilang di Jerez. Pembalap veteran 31 tahun tercatat sudah meraih enam kemenangan di Jerez. Kemenangan pertama diraihnya pada musim 2001 saat baru bergabung dengan Honda di kelas utama yang saat itu masih menggunakan label 500cc. Sementara lima kemenangan lainnya diraih saat memasuki era MotoGP: Dua kemenangan diraihnya bersama Honda (2002 & 2003) dan tiga bersama Yamaha (2005, 2007 dan 2009).

Namun, sepak terjang sejumlah pembalap muda juga pantas mendapat perhatian serius. Andrea Dovizioso (Repsol Honda), Marco Simoncelli (Gresini Honda) dan rookie terbaik musim lalu Ben Spies (Yamaha) dipastikan siap menghukum empat pembalap di atas bila sedikit saja lengah atau melakukan kesalahan.

Sekilas info soal sirkuit Jerez de la Frontera, sirkuit ini merupakan seri pembuka dalam kalender MotoGP di Eropa musim ini. Sirkuit dengan karakter cepat ini diketahui memiliki panjang 4.428 km dengan 13 tikungan serta mampu menampung hingga 125.000 penonton.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini