nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi Alonso: Menggebrak Sejak Awal!

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 07 November 2010 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 11 07 37 390729 DJx1mPxC20.jpg Foto: Fernando Alonso/Daylife

SAO PAULO - Pimpinan klasemen sementara Fernando Alonso sadar betul bila posisinya tengah terancam lantaran hanya mampu start di urutan lima pada seri GP Brasil, malam nanti. Untuk terus memimpin klasemen dan membuka peluang juara di seri terakhir di Abu Dhabi, pembalap Ferrari sudah memiliki strategi khusus. Apa itu?

Performa Alonso sepanjang sesi latihan dan kualfikasi di Interlagos memang tidak cukup baik. Pembalap Spanyol ini hanya mampu menempati posisi lima, atau berada di belakang tiga rival terkuatnya Sebastian Vettel di tempat kedua, Mark Webber (3) dan Lewis Hamilton yang menempati posisi empat. Sementara pimpinan balapan menjadi milik pembalap Williams, Nico Hulkenberg.

Menanggapi hasil tersebut, Alonso mencoba bersikap tenang. Menurutnya, mengawali start dari belakang ketiga pesaingnya tersebut bukanlah merupakan akhir dari semuanya. Pembalap yang tengah membidik gelar juara dunia ketiganya ini bahkan telah menyiapkan strategi khusus, yakni dengan menggebrak sejak lampu hijau tanda balapan di mulai. Ya, Alonso bertekad tampil agresif sejak start.

“Start di urutan kelima bukan berarti semuanya akan tamat. Musim ini, sudah sering terjadi dimana duo Red Bull berada di depan, sementara saya dan Hamilton hanya bertarung memperebutkan posisi tiga. Tapi, hari ini kejutan besar datang dari Nico Hulkenberg yang mampu tampil sebagai yang tercepat,” tutur Alonso seperti dilansir Crash.net, Minggu (7/11/2010).

“Pada saat balapan nanti, kami harus berusaha untuk bisa meraih poin maksimal. Jika kami mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memilih ban, kemungkinan besar kami akan mendapatkan keuntungan,” tambahnya.

“Selain itu, faktor utama yang akan menjadi kunci keberhasilan kami adalah pada saat start. Saya akan tampil agresif untuk bisa memperbaiki posisi sejak awal balapan, selain mewaspadai apa yang dilakukan rival. Sebab, ini juga akan menjadi momen yang juga krusial buat mereka,” tandasnya.

“Dari sudut pandang perolehan poin, kehadiran Hulkenberg di pole juga akan membuat perhitungan semakin sulit ditebak. Namun, target utama saya di balapan kali ini adalah untuk memperbesar keunggulan dari (Mark Webber) sebelum tampil di seri pamungkas di Abu Dhabi. Jika itu tak bisa dilakukan, maka kami akan mencoba untuk meminimalisir kegagalan (seperti kecelakaan atau gagal mesin),” tandasnya.

Jelang seri kedua terakhir musim ini di Interlagos, Alonso masih berada di posisi puncak klasemen sementara dengan raihan 231 poin. Namun, jumlah poin juara dunia 2005 & 2006 ini masih mungkin disalip tiga rival utamanya, Mark Webber (220), Lewis Hamilton (210) dan Sebastian Vettel di posisi keempat dengan raihan 206 angka.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini