nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

GP Brasil Tingkatkan Keselamatan Pembalap

Achmad Firdaus, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2010 21:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 10 28 37 387581 gKyiuvPzvr.jpg Foto: Suasana F1GP Brasil di Interlagos/yallaf1.com/Ist

SAO PAULO - Sirkuit Interlagos terkenal merupakan salah satu trek yang kerap menghadirkan ‘bencana’ bagi para pembalap. Untuk itu, panitia penyelenggara GP Brasil yang akan menggelar seri F1, awal November ini, meningkatkan standar keamanan buat para pembalap.

Area yang diklaim sebagai tempat yang kerap membuat para pembalap celaka adalah jalur menyempit jelang tikungan ke kanan sebelum pitlane. Sebagai contoh, di area inilah pembalap Red Bull Racing Mark Webber mengalami kecelakaan parah pada 2003 silam.

Insiden paling tragis yang terjadi di area ini, tentunya saat pembalap cadangan asal Brasil Rafael Sperafico tewas, usai menabrak dinding pembatas yang terbuat dari tumpukan ban dan kemudian mental kembali ke lintasan dan menabrak mobil pembalap lainnya.

Menyikapi tingkat keamanan yang sangat kurang dari area tersebut, pihak penyelenggara pun melakukan perubahan untuk meningkatkan keamanan pembalap. Sebagaimana dikutip Globo Esporte, Kamis (28/10/2010), tumpukan ban tersebut kini diganti dengan dinding lunak dengan tinggi 225m.

Dinding lunak ini sendiri bermaterikan busa empuk yang ditempatkan di celah dinding besi untuk menyerap benturan bila ada kecelakaan. Dinding lunak ini pun dibuat sedemikian rupa agar mobil pembalap tidak mental kembali ke lintasan apabila menabraknya.

“Sektor tersebut merupakan titik yang paling berbahaya di sirkuit ini, dengan dinding yang sangat dekat dengan lintasan. Akan tetapi, dinding lunak yang baru ini bisa meminimalisir dampak jika terjadi kecelakaan,” tandas Luis Ernesto Morales, arsitek sirkuit.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini