Jangan Terlalu Over, SM!

Edi Yulianto, Jurnalis · Sabtu 07 November 2009 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 07 36 273285

JAKARTA - Satria Muda (SM) Britama Jakarta membidik kemenangan dalam lanjutan pertandingan Liga Basket Asia Tenggara 2009. Mereka ingin mempertahankan poin penuh saat menjamu Brunei Barracudas di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (8/11/2009).

Optimisme SM menargetkan kemenangan lantaran mereka memiliki kualitas pemain lebih mumpuni ketimbang tim basket profesional asal Brunei Darussalam tersebut. SM juga diuntungkan akan mampu mewujudkan ambisinya ketika mendapat dukungan suporter sendiri.

Pelatih SM Fictor 'Ito' Gideon Roring mengaku timnya memang diuntungkan oleh faktor tersebut. Karena itu, dia berani menargetkan kemenangan untuk membayar kegagalan timnya dari Singapore Slingers, Minggu (1/11/2009).

"Kami kembali mendapat keuntungan bermain di kandang dan akan kami manfaatkan untuk meraih kemenangan. Kami pun tak ada masalah dengan pemain. Semuanya siap mewujudkan ambisi tersebut," kata Ito, Sabtu (7/11/2009).

Keuntungan lain SM akan mampu mendulang kemenangan adalah fakta lawan yang kurang bagus. Dari lima pertandingan yang telah dilalui seluruh peserta, Barricudas merupakan lawan terlemah karena mereka belum meraih kemenangan sekali pun.

Ito bahkan menilai Barracudas hanya diperkuat 5-6 pemain yang mumpuni menjalani persaingan di Liga Basket Asia Tenggara tersebut. Kondisi itu yang membuat timnya berada di atas angin untuk mengalahkan tim tamu.

SM boleh saja jumawa, apalagi semangat mereka dipastikan tengah on fire meski sebelumnya tumbang di kandang Slingers. Namun, patut diingat, Barracudas memiliki kunci rahasia yang dapat menggagalkan ambisi SM meraih kemenangan di kandang.

Kunci itu adalah Pelatih Barracudas Geraldo Vialon Ramos. Sosok pelatih asal Filipina itu mengenal betul karakter permainan SM, apalagi pelatih yang akrab disapa Bong itu pernah menukangi CLS Knight Surabaya musim lalu.

Jika tak hati-hati, bisa jadi Bong akan mencuri ambisi SM meraih kemenangan. "Kami telah mencermati sosok Bong di Barracudas dan kami telah mengantisipasinya jelang pertemuan kedua tim di lapangan," cetus Ito.

Sementara center SM Rony Gunawan ingin menjalani pertandingan menghadapi Barracudas dengan sempurna. Dia pun berhasrat melanjutkan rekor bagus SM saat tampil di Britama Arena.

Permainan SM memang semakin solid di kandang. Buktinya, mereka memukul Dragons Malaysia, Minggu (25/10/2009), meski sempat dipermalukan Patriots Philippines, Sabtu (10/10/2009). "Kami tak ingin membahas kegagalan dari Patriots, karena kami hanya ingin realistis menjalani pertandingan yang ada di depan kami," papar Rony.

Di lain pihak, Bong tak ingin terlalu banyak sesumbar menghadapi SM. Dia sadar SM merupakan tim yang sulit dikalahkan, terlebih saat tampil di kandangnya. "Saya hanya ingin anak-anak berani menekan. Mungkin cara itu lebih baik menghadapi agresivitas mereka," kata Bong dikutip situs resmi tim.

Perkiraan Pemain

SM Britama: Rony Gunawan, Theophilus Little, Alexander Hartman, Faisal Achmad, Amin Prihantono

Pelatih: Fictor Gideon Roring

Barracudas : Adriano Francis, Avenido Leonides, Lonnie Jones, Michael Pilgrim, Camaso Celedon

Pelatih : Geraldo Vialon Ramos

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini