Share

Markis/Hendra Batal ke India

Edi Yulianto, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2009 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2009 08 05 40 245402

JAKARTA - Kabar kurang menyenangkan terlontar dari pelatnas bulu tangkis Cipayung. Mereka kembali tak memberangkatkan ganda putra terbaik dunia Markis Kido/Hendra Setiawan ke kejuaraan dunia di Hyderabad, India, 10-16 Agustus 2009 mendatang.

Kegagalan mereka urung tampil di ajang prestisius itu merupakan imbas dari kesehatan Markis yang belum stabil. Markis teridentifikasi oleh tim medis mengalami gangguan tekanan darah.

Pelatih Ganda Putra Pelatnas Cipayung Sigit Pamungkas mengatakan, pihaknya tak berani gambling melihat situasi yang dialami Markis. Apalagi, tekanan darah Markis tergolong fluktuatif.

Karena itu, dia langsung memberikan referensi kepada PB PBSI jika pasangan terbaiknya itu batal bertolak ke India. "Menurut rekam medis, Markis mengalami darah tinggi. Saya pun cemas jika memaksakan dirinya tampil di turnamen itu, karena siapa yang akan bertanggung jawab jika dia mengalami hal yang tak diinginkan," ungkapnya, Rabu (5/8/2009).

Menurutnya, tekanan darah Markis memang terlalu tinggi. Bahkan, ketika dicek, tangan kanan mencapai 180 dan kiri hingga 220. Dia pun merasa aneh saat melihat hasil yang berlainan tersebut.

Sementara Markis merasa kecewa atas keputusan pelatihnya tersebut. Padahal, dia sempat ngotot ingin berangkat ke turnamen itu tanpa memperdulikan tekanan darahnya. "Saya ingin sekali tampil di turnamen itu, karena kami ingin meraih hasil maksimal," cetus Markis.

Namun, dia akhirnya tak mampu berbuat banyak atas keputusan pelatihnya. Dia berharap kendala tekanan darahnya itu akan secepatnya teratasi untuk menghadapi turnamen lebih penting berikutnya.

Hendra pun tak bisa berbuat banyak. Dia sepertinya harus menunda duetnya bersama Markis di kejuaraan dunia berikutnya. Padahal, mereka memiliki ambisi besar meraih gelar di nomor ganda putra. "Kami hanya pasrah dan berharap kesembuhan bagi Markis," paparnya.

Kegagalan Markis/Hendra tampil di kejuaraan dunia merupakan kali kesekian mereka urung tampil bersama. Mereka sebelumnya batal berangkat ke turnamen All England dan Swiss Super Series tahun ini lantaran Markis mengalami cedera lutut.

(msy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini