SM Gagal ke Semifinal

Edi Yulianto, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2009 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 17 36 220598

JAKARTA - Satria Muda (SM) Britama Jakarta gagal mewujudkan ambisi tampil di semifinal Kejuaraan Basket Antarklub Asia. SM dikalahkan wakil Lebanon Al Riyadi 69-86 di Sportmall Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (17/5/2009).

Kekalahan ketiga ini membuat Wahyu Hidayat Jati dkk hanya berhak menjalani pertandingan perebutan tempat kelima dan keenam. Dan, wakil India Young Cagers akan kembali menjadi lawan SM.

Pelatih SM Fictor 'Ito' Gideon Roring mengatakan, kegagalan ini tak lepas dari kemampuan lawan lebih baik dari timnya. Namun, dia melihat penampilan Wahyu dkk sudah berusaha keras.

"Kami telah mengerahkan kemampuan terbaik, termasuk menurunkan legiun asing. Tapi, penampilan mereka memang lebih baik," cetus Ito usai pertandingan.

Menurut Ito, penampilan timnya sudah lebih baik. SM bahkan sempat menyamai kedudukan 37-37 di kuarter kedua sebelum akhirnya tertinggal satu bola di kuarter tersebut.

Sayangnya, determinasi itu gagal dipertahankan SM di dua kuarter tersisa. Bahkan, SM harus tertinggal jauh dalam perolehan poin 7-22 di kuarter ketiga. Akibatnya sulit bagi wakil Indonesia itu mengejar ketertinggalan di kuarter terakhir meski bermain imbang 23-23.

"Keterpurukan kami terletak di kuarter ketiga, anak-anak terlihat kurang sigap dalam menjalani daerah pertahanan," tegasnya.

Sementara Pelatih Al Riyadi Fouad Abou Chakra mengatakan, kemenangan timnya terletak di kuarter ketiga. Mereka berhasil mengunci agresivitas SM setelah meningkatkan penjagaan di lini pertahanan.

Meski demikian, dia tetap memberikan pujian atas SM. "SM sebenarnya tim yang sulit dikalahkan, tapi kami bersyukur bisa mencuri kemenangan itu setelah mereka lengah di kuarter ketiga," kata Chakra.

Di semifinal, Al Riyadi akan bertemu wakil Iran Mahram, Selasa (19/5/2009). Chakra optimistis pihaknya akan kembali menuai hasil positif setelah mendulang kemenangan penting atas SM.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini