Rebut Kemenangan Perdana, SM Bidik Cagers

Edi Yulianto, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2009 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 15 36 220232

JAKARTA - Satria Muda (SM) Britama Jakarta memetik kemenangan perdana di Kejuaraan Basket Antarklub Asia. Wakil Indonesia itu menggulung tim Qatar Al Arabi 84-77 di Sportmall Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (15/5/2009).

Kemenangan itu membuat Wahyu Hidayat Jati dkk itu membuka peluang lolos fase penyisihan Grup B. SM baru sepenuhnya melaju ke level berikutnya jika sanggup mengalahkan wakil India Young Cagers, Sabtu (16/5/2009).

Pelatih SM Fictor â€~Ito' Gideon Roring mengatakan, pihaknya masih optimistis akan merebut kemenangan di pertandingan terakhir penyisihan grup tersebut. Apalagi, dia telah mendapatkan handicap kekuatan Cagers selama bertanding di Sportmall.

Meski demikian, Ito tak ingin kemenangan atas Al Arabi membuat anak didiknya terlalu jumawa menghadapi Cagers. "Mereka harus tetap fokus, karena pertandingan terakhir kontra Cagers di penyisihan grup sangat berarti bagi kelanjutan kami di kejuaraan basket Asia ini," kata Ito usai pertandingan, Jumat (15/5/2009).

SM memang tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan langkah ke babak berikutnya. Jika SM mampu mengalahkan Cagers, maka Wahyu dkk berhak mengikuti jejak Zain (Yordania).

Sementara kemenangan SM atas Al Arabi tak lepas dari pembelajaran dua kegagalan sebelumnya. Wahyu dkk terlihat sigap menjalani instruksi pelatih, terutama dalam menekankan tingkat kedisiplinan daerah pertahanan.

Performa bagus itu diharapkan akan terulang saat SM menghadapi Cagers di laga penentuan. "Kami memang membutuhkan kemenangan atas wakil India tersebut, tapi mereka tentunya tak akan memberikan kemenangan dengan mudah," cetus Ito.

Karena itu, Ito berharap banyak jalinan kerja sama antarpemain yang telah terbentuk menghadapi Al Arabi akan kembali diterapkan di laga berikutnya. Apalagi, Ito menilai, Cagers sempat memberikan kejutan menghadapi Al Wasil dari Uni Emirat Arab dan Zain meski akhirnya mengemas kekalahan.

Sementara kubu Al Arabi masih optimistis melaju ke fase berikutnya. Sama seperti SM, mereka juga tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke babak berikutnya.

Namun, perjuangan Al Arabi sepertinya tergolong berat karena akan bertemu pimpinan klasemen Zain. Jika mereka kalah, maka Indonesia kemungkinan akan tampil ke babak berikut. Namun, jika Indonesia juga mengemas kekalahan, hitung-hitungan agregat pun terpaksa dilakukan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini