Share

SM Langsung Fast Break

Edi Yulianto, Jurnalis · Senin 11 Mei 2009 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 11 36 218731

JAKARTA - Satria Muda (SM) Britama Jakarta penuh optimistis menjalani laga perdana Kejuaraan Basket FIBA Asia. Mereka bahkan siap mengamankan poin penuh meski minim data wakil Uni Emirat Arab (UEA) Al Wasil di Sportmall Britama Arena, Kelapa Gading, Selasa (12/5/2009).

Optimisme SM bisa merebut kemenangan lantaran sebagian pemain besutan pelatih Fictor â€~Ito' Gideon Roring itu telah mengenal pemain Al Wasil ketika memperkuat timnas Indonesia dalam kejuaraan basket di Jepang pada 2007. Merah Putih saat itu sukses menghajar UEA yang sebagian diperkuat pemain Al Wasil melalui overtime.

Menurut Ito, modal itu akan dijadikan strategi pihaknya menghadapi Al Wasil di Grup B. "Kami memang miskin data mengenai tim basket itu. Saya hanya punya daftar nama pemain dan tinggi badan mereka, tapi semua kekurangan itu tak akan menjadi keraguan kami tampil maksimal," kata Ito, Senin (11/5/2009).

SM semakin optimistis ketika dua legiun asingnya asal Amerika Serikat (AS) Rashard Powell dan Nakiea Jovon Miller akan diturunkan dalam pertandingan itu. Ito berharap peran keduanya akan memberikan aura positif permainan SM.

Modal penting SM lainnya jelang menghadapi Al Wasil adalah rekor unbeaten di kompetisi reguler IBL 2009. Belum terkalahkan hingga pertandingan ke-11 diharapkan akan menjadi pendongkrak motivasi Wahyu Hidayat Trijati dkk.

Sementara soal strategi, Ito memberi instruksi timnya langsung menyerang. Dia berani menerapkan pola permainan menyerang meski belum mengenal dengan baik permainan Al Wasil. "Pola itu memang karakter kami, tapi tentunya anak-anak tak lupa menggalang daerah pertahanan," cetusnya.

Keberanian Ito akan menerapkan pola menyerang karena perbedaan postur tubuh pemain Al Wasil dengan timnya tak terlalu mencolok. Dia optimistis strategi itu akan membuat tim lawan terkejut.

Meski demikian, SM tak boleh lupa daratan soal pertahanan. Maklum, SM sempat dibuat kerepotan di dua pertandingan terakhir IBL meski akhirnya bisa merebut kemenangan. "Pertahanan kami memang sempat bermasalah di dua pertandingan terakhir IBL, tapi kami telah membenahinya saat latihan jelang pertandingan," ungkapnya.

Sementara Juru Bicara Al Wasil Carlo Tan menjelaskan, peluangnya timnya masih berimbang kontra tuan rumah. Dia pun kemungkinan akan melakukan pertandingan hati-hati karena belum mengenal dengan baik permainan SM.

"Kami memang sama dengan mereka miskin data lawan, tapi kami telah menjalani persiapan matang sebelum menjalani pertandingan ini. Semoga persiapan itu membuat kami akan mampu merebut kemenangan penting di grup ini," ujarnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini