Menteri Olahraga Malaysia Minta Indonesia Pastikan Tidak Ada Kabut Asap di SEA Games 2017

Persiapan SEA Games 2017 di Malaysia (Foto: laman resmi SEA Games)

Persiapan SEA Games 2017 di Malaysia (Foto: laman resmi SEA Games)

KUALA LUMPUR – Gelaran SEA Games 2017 yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia, tinggal menghitung hari lagi. SEA Games akan resmi dibuka pada 19 Agustus 2017 dengan acara opening ceremony yang diadakan di Stadion Bukit Djalil, Malaysia.

Oleh karena itu, pemerintah Malaysia berjanji akan memberikan fasilitas dan juga kenyamanan kepada para atlet selama bertarung di ajang dua tahunan tersebut. Salah satunya dengan memberikan ultimatum kepada pemerintah Indonesia mengenai kabut asap.

(Baca juga: Jelang SEA Games 2017, Tim Balap Sepeda Malaysia Waspadai Kontingen Thailand dan Indonesia)

Maklum saja, kasus kebakaran hutan di Tanah Air selalu menyeruak saat musim panas tiba. Meski biasanya terjadi di bulan September hingga Oktober, kasus kebakaran hutan baru-baru sempat terjadi di Sumatera Barat.

Namun pemerintah Indonesia berjanji bahwa kabut asap tidak akan mengganggu jalannya SEA Games di Malaysia nanti. Meski demikian, pemerintah Malaysia melalui Menteri Olahraganya, Khairy Jamaluddin, masih belum percaya jika Indonesia telah melakukan penanggulangan untuk masalah tersebut.

(Baca juga: Lakukan Tindakan Indisipliner, Pelari Malaysia Dicoret dari Tim SEA Games 2017)

“Saya berharap Indonesia bisa mengendalikan masalah ini sehingga tidak akan mempengaruhi jalannya acara dan juga perlombaan,” ujar Khairy, mengutip dari Daily Star, Kamis (10/8/2017).

“Saya percaya Indonesia akan merasa malu jika hal itu mempengaruhi SEA Games. Karena mereka juga bersaing di sini,” pungkasnya.

(fmh)