Mudah Emosi, Bos Toro Rosso Ultimatum Kvyat untuk Lebih Bersabar

Daniil Kvyat, Pembalap Toro Rosso (Foto: AFP)

Daniil Kvyat, Pembalap Toro Rosso (Foto: AFP)

FAENZA – Hasil kurang memuaskan harus didapat oleh pembalap Tim Toro Rosso, Daniil Kvyat, sepanjang musim balap Formula One (F1) 2017. Pasalnya, di musim ini, posisi paling bagus yang bisa diraih oleh Kvyat adalah finis di urutan sembilan.

Menyikapi penampilan minor pembalapnya tersebut, bos Toro Rosso, Franz Tost, menjelaskan bahwa masalah utama yang dimiliki oleh Kvyat adalah sifatnya yang mudah terpancing emosi. Hal itu terbukti pada tiga balapan terakhir di mana Kvyat memiliki emosi yang tidak stabil dan malah merugikan dirinya sendiri.

(Baca juga: Tampil Apik, Horner: Kvyat Dapat Bertahan Bersama Toro Rosso Musim 2018)

Pada balapan di Sirkuit Red Bull Ring, pembalap berpaspor Rusia itu harus mengalami tabrakan dengan Fernando Alonso dan Max Verstappen di putaran pembuka. Kejadian itu lalu diikuti dengan bentrokannya dengan Carlos Sainz Jr di Sirkuit Silverstone.

Paling terbaru, ketika menjalani sesi kualifikasi di Sirkuit Hungaroring, Kvyat kedapatan menghalangi laju Lance Stroll. Insiden tersebut pun akhirnya membuat Kvyat harus menerima hukuman, dan pada akhirnya hanya finis di posisi ke-11 di Hungaria.

(Baca juga: Kerap Berulah di Lintasan, Legenda F1 Sarankan Toro Rosso 'Parkir' Kvyat)

“Dia ingin menjadi sukses, dia ingin menyalip orang-orang ketika mungkin tak ada kesempatan untuk menyalip, dan karena itu dia harus lebih disiplin,” ujar Tost, seperti dilansir The Checkered Flag, Kamis (10/8/2017).

“Entah itu frustrasi atau apa pun, berada di dalam mobil, utamanya di awal, Anda harus mengontrol emosi Anda, karena jika Anda mulai emosional, Anda membuat kesalahan, dan Anda akan mengalami insiden,” tuntas Kvyat.

(fmh)