Valentino Rossi Dukung Rider Tim Satelit Yamaha Pakai Motor M1 Terbaru, Tapi...

Valentino Rossi / foto: GPOne

Valentino Rossi / foto: GPOne

LESMO – Rider veteran Movistar Yamaha, Valentino Rossi, meyakini kalau Tim Garpu Tala akan mendapat keuntungan jika menurunkan tiga motor terbaru di ajang MotoGP, yakni untuk dua rider tim pabrikan dan satu rider tim satelit. Hal ini sudah dilakukan Honda dan Ducati di musim ini.

Seperti diketahui,  Danilo Petrucci dari Tim Pramac Ducati menggunakan motor Desmosedici GP17, seperti halnya duo Ducati Corse, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo.

Sementara andalan LCR Honda, Cal Crutchlow, juga menggunakan spesifikasi yang sama, dengan motor yang dipakai duet Repsol Honda, Marc marquez dan Dani Pedrosa.

“Tentu akan menghadirkan keuntungan bagi kami. Namun, hal yang menyulitkan adalah Anda harus melaju cepat jika mendapat motor pabrikan terbaru,” kata Rossi mengutip dari Eurosport.

“Dalam konteks Yamaha, tidak banyak orang yang bisa membuat laptime ini. Katsuyuki Nakasuga (test rider Yamaha) cukup cepat, karena ia sering menang di (All-Japan) Superbike dan di Suzuka 8 Hours. Tapi ia tidak seperti kami (Rossi maupun tandemnya di Movistar Yamaha, Maverick Vinales),” lanjut Rossi.

“Selama musim ini, seringkali rider Monster Yamaha Tech 3 (tim satelit Yamaha) –yakni Johann Zarco dan Jonas Folger– menunjukkan feeling yang bagus dengan motor 2016, juga karena mereka adalah pembalap yang bagus,” celoteh The Doctor.

“Mereka sangat kuat dan masing-masing telah memenangi seri balapan. Namun, mereka masih perlu membuktikan diri di paruh kedua musim 2017. Meski begitu, kita harus mengapresiasi mereka atas hasil yang ditunjukkan sejauh ini di MotoGP 2017. Jangan lupa kalau keduanya berstatus rookie MotoGP,” tuntas Rossi.

(rul)