Yamaha, Honda & Ducati Dipercaya Kini Hampir Selevel di MotoGP

BORMES-LES-MIMOSAS – MotoGP musim lalu menghadirkan sembilan rider pemenang berbeda. Di musim ini, sampai jeda paruh musim, sudah ada lima pemenang berbeda. Sudah jelas kalau dari hari ke hari, ajang premier class memang kian kompetitif.

Indikator lainnya adalah rider pemuncak klasemen sementara MotoGP 2017 dan rider penghuni peringkat empat, hanya terpaut 10 poin!

Menurut bos Tim Monster Yamaha Tech 3, penyeragaman ECU dan peralihan ban dari Bridgestone ke Michelin memang membuat persaingan di MotoGP kian ketat. Poncharal pun menyebut kalau tiga pabrikan, yakni Yamaha, Honda, dan Ducati kini telah hampir selevel.

“Musim ini kita memiliki tiga pabrikan yang jelas sudah hampir selevel., Yamaha, Honda, dan Ducati. Tidak ada lagi banyak perbedaan atau kesenjangan antara satu pabrikan dengan pabrikan lain,” ucap Poncharal mengutip RACER.

“Ducati menang di dua seri musim lalu, tapi itu terjadi di sirkuit yang spesial (Austria) dan yang lainnya terjadi di kondisi hujan (Sepang). Namun, mereka kini saya pikir sudah ada di level yang hampir sama dengan Yamaha dan Honda,” celotehnya.

“Saya jelaskan sedikit, karena faktor peraturan teknis yang sama, Yamaha, Honda, dan Ducati semuanya hampir sama kuat di musim ini. Saya adalah orang Yamaha, saya bisa bilang dari tahun lalu ke musim ini, tidak ada evolusi yang besar. Sementara di sisi lain pabrikan lain meningkat. Jadi, peta kekuatan kini berimbang dan tentu ini akan membuat kompetisi akan semakin menarik,” tukas Poncharal.

(rul)