Penyebab Jebloknya Performa Suzuki di MotoGP 2017 Versi Bos Tech 3

BORMES-LES-MIMOSAS – Herve Pocharal selalu Team Principal Monster Yamaha Tech 3, mencoba menganalisis buruknya performa Tim Suzuki Ecstar di MotoGP 2017. Padahal, tim yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang itu memang tampil cukup impresif musim lalu bersama Maverick Vinales.

Dalam sebuah wawancara dengan Crash.net yang dilansir RACER, Poncharal menyoroti strategi pemilihan pembalap yang dilakukan Suzuki. Suzuki memang terpuruk di musim ini bersama Alex Rins dan Andrea Iannone. Padahal, nama terakhir juga tampil cukup impresif bersama Ducati Corse di MotoGP 2016.

“Musim ini kekecewaan besar dan tanda tanya besar datang dari Suzuki. Kenapa? Apakah karena motornya lebih buruk dari tahun lalu, atau karena pembalap mereka tak bisa mengendarainya? Saya takkan berkata yang mana, karena seseorang akan membunuh saya!” ucap Poncharal sedikit bergurau.

“Saya pikir semua pabrikan tak melakukan perubahan besar-besaran di area teknis musim ini. Jadi saya tak berpikir Suzuki kurang kompetitif dibanding tahun lalu. Saya rasa Maverick memang rider istimewa,” lanjut pria berambut abu-abu itu.

“Soal Aleix Espargaro (rider Suzuki musim lalu yang musim ini pindah ke Aprilia), lihat saja apa yang ia lakukan di Aprilia. Jadi tahun lalu Suzuki punya dua rider yang sangat baik, termotivasi dan cepat. Kalu boleh jujur, saya kira ini soal strategi pemilihan pembalap. Alex Rins seorang rookie, sementara  Andrea lama di Ducati, dan ia syok tak bisa beradaptasi,” tukasnya.

(rul)