SPORTPEDIA: Roger Federer, Juara Tunggal Putra Tertua Wimbledon

Federer juara tunggal putra tertua Wimbledon 2017. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Federer juara tunggal putra tertua Wimbledon 2017. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

ROGER Federer tampil impresif di turnamen tenis Wimbledon 2017. Tampil sejak babak 64 besar hingga final, petenis berpaspor Swiss itu tak pernah satu kali pun kehilangan set! Hal itu berarti, Federer selalu menang dengan cara straight set.

Pada partai final yang berlangsung Minggu 16 Juli 2017, Federer ditantang unggulan ketujuh asal Kroasia, Marin Cilic. Tampil impresif, Federer menang straight set 6-3, 6-1 dan 6-4.

Kemenangan itu bukanlah yang pertama diraih Federer di ajang Wimbledon. Tercatat sebelumnya, Swiss Express –julukan Federer– telah meraih tujuh gelar juara. Jika ditambah gelar tahun ini, Federer pun telah mendulang delapan trofi Wimbledon yang notabene terbanyak di nomor tunggal putra.

Selain itu, keberhasilan menjuarai Wimbledon 2017 membuat Federer tercatat sebagai petenis tertua yang mampu keluar sebagai kampiun di nomor tunggal putra. Saat mengalahkan Cilic, usia Federer ialah 35 tahun dan 342 hari.

Federer mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Arthur Ashe. Pada 1975 usai mengalahkan Jimmy Connors dengan skor 6-1, 6-1, 5-7 dan 7-4, Ashe berstatus sebagai juara tunggal putria Wimbledon tertua yakni 31 tahun dan 355 hari.

Terlepas dari itu, Federer yang kini hampir berusia 36 tahun diyakini takkan menginjak pedal rem demi meraih banyak kesuksesan. Meski telah melewati usia matang seorang petenis, Federer berpotensi meraih beberapa turnamen grand slam lagi. Terdekat, Federer akan tampil di turnamen grand slam Amerika Serikat yang berlangsung pada 28 Agustus hingga 10 September 2017.

(Ram)