Juarai Wimbledon 2017, Federer Bertekad Rebut Peringkat 1 Dunia

Petenis Swiss, Roger Federer (Foto: AFP)

Petenis Swiss, Roger Federer (Foto: AFP)

LONDON - Petenis tunggal putra Swiss, Roger Federer, berhasil menjuarai Wimbledon 2017 usai mengalahkan Marin Cilic di partai final dengan skor 6-3, 6-1, dan 6-4. Kemenangan itu menjadi gelar kedelapan Federer di turnamen Grand Slam tertua di dunia itu.

Berkat raihan tersebut, Federer berhasil naik peringkat di daftar ATP. Petenis berusia 35 tahun itu menempati ranking tiga dunia dengan raihan 6.545 poin di bawah Andy Murray (7750) dan Rafael Nadal (7465).

Federer mengatakan dirinya bertekad meraih peringkat satu dunia. Namun, ia juga melihat peta persaingan di puncak ranking ATP tidak mudan lantaran terdapat dua pesaing utamanya, yakni Murray dan Nadal.

"Saya pikir posisi rangking 1 dunia akan menjadi persaingan tiga atau empat pemain. Atau mungkin ganya diperebutkan dua orang saja antara saya dan Nadal pada suatu waktu, ketika Murray akan turun peringkat dari nomor 1 dunia," kata Federer, seperti dilansir The Telegraph, Selasa (18/7/2017).

"Jika Murray tiba-tiba mulai menang lagi, kami (saya dan Nadal) juga harus menang lagi. Namun, jika Murray kehilangan poin, kami bisa mencapai posisi itu," pungkasnya.

(fmh)