SPORT TIME: 5 Olahraga Aneh yang Jarang Terdengar Sebelumnya

(Foto: The Telegraph)

(Foto: The Telegraph)

SEPAK bola, Tenis, Bulu Tangkis, ataupun Basket mungkin menjadi olahraga-olahraga yang sudah sangat populer di telingga Anda, yang khususnya pecinta salah satu cabor tersebut. Bahkan untuk sebagian orang, mereka rela mengeluarkan sebagian uangnya untuk bisa menyaksikan sebuah pertandingan olahraga tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa olahraga yang sebenarnya mampu menarik minat banyak kalangan. Meski nama olahraga tersebut terdengar, bahkan tidak diketahui oleh sebagian besar kalangan. Setidaknya ada lima olahraga aneh yang namanya jarang terdengar sebelumnya.

Berikut lima olahraga aneh yang jarang terdengar sebelumnya:

1. Tchoukball

Tchoukball pertama kali diperkenalkan oleh seorang asal Swiss, yakni Hermann Brandt. Tchoukball sendiri merupakan olahraga yang mencampurkan tiga cabor lainnya, yakni bola tangan, bola voli, dan squash.

Tchoukball sendiri dimainkan dengan dua tim yang masing-masing berisikan tujuh pemain. Yang mana mereka dituntut untuk bisa memasukan bola ke dalam sebuah gawang kecil yang berbentuk seperti trampolin. Bedanya dengan cabor lain, Tchoukball membebaskan setiap tim untuk memasukan bola ke gawang manapun.

2. Dodgeball

Dodgeball merupakan olahraga unik yang digemari oleh banyak orang. Bahkan karena menariknya Dodgeball, sampai-sampai ada sebuah film tentang pertandingan olahraga ini yang diperankan oleh Ben Stiller dan Vince Vaugh berjudul Dodgeball: A True Underdog Story.

Peraturan Dodgeball sendiri sebenarnya cukup simpel, yang mana setiap tim harus bisa mengugurkan setiap pemain dari tim lawan dengan cara melemparkan bola dan mengenai bagian tubuh pemain lawan hingga tak tersisa lagi di arena pertandingan.

3. Octopush

Octopush merupakan olahraga gabungan antara hoki dengan menyelam. Olahraga ini pertama kali dikenal di Inggris pada 1954. Meski sudah berusia cukup tua, nyatanya banyak yang kurang mengenal olahraga ini.

Peraturan Octopush sendiri sebagian besar mirip dengan olahraga hoki. Yang mana setiap tim diharuskan memasukan bola ke dalam gawang tim lawan. Hanya saja bedanya jika hoki dilakukan di tanah lapang, sementara Octopush dipertandingan di dalam air.

4. Yukigassen

Satu lagi olahraga yang menarik tapi jarang terdengar adalah Yukigassen. Yukigassen sendiri berasal dari sebuah daerah di Jepang, yakni Hokkaido. Dalam bahasa Indonesia, Yukigassen memiliki arti yaitu ‘Pertempuran Salju’.

Sesuai namanya, Yukigassen merupakan olahraga yang mengunakan salju sebagai sarana. Peraturan dalam olahraga Yukigassen sendiri sangat mirip dengan Dodgeball, yang mana setiap tim diharuskan untuk menyingkirkan setiap pemain dari tim lawan dengan cara melemparkan bola salju.

5. Wife-Carrying

Jika ada sebuah pertanyaan dalam benak Anda mengenai adakah olahraga yang bisa memperat hubungan suami-istri, maka Wife-Carrying adalah jawabannya. Wife-Carrying sendiri pertama kali diperkenalkan di sebuah negasa Skandinavia atau tepatnya Islandia.

Olahraga ini mengutamakan ketahan fisik dari para peserta dengan menggendong istri tercinta melewati jalur khusus yang dirancang dengan rintangan. Olahraga ini bahkan memiliki kejuaraan dunianya sendiri yang diadakan tiap tahun.

(mrh)