Pelatih Balap Yamaha Bandingkan Sosok Lorenzo dengan Vinales

Wilco Zeelenberg / (foto: Speedweek)

Wilco Zeelenberg / (foto: Speedweek)

LESMO – Pelatih balap Maverick Vinales di Movistar Yamaha, Wilco Zeelenberg, coba membandingkan sosok Top Gun –julukan Vinales– dengan Jorge Lorenzo. Seperti diketahui, Lorenzo memang juga membela Yamaha selama sembilan musim sebelum hijrah ke Ducati Corse per musim ini.

Kebetulan, Zeelenberg juga menjadi pelatih balap Lorenzo, tepatnya pada 2010-2016. Jadi, Zeelenberg tentu tahu betul sosok Por Fuera – julukan Lorenzo.

Seperti dilansir Sport Rider, Zeelenberg mengakui kalau dua pembalap Spanyol ini memiliki gaya balap yang cukup berbeda, meski banyak pihak justru menyebut keduanya cukup mirip.

“Jorge sangat smooth dan lebih ‘lembut’ dengan ban depan. Mack (Vinales) lebih agresif dengan ban depan, terutama untuk Michelin, ia membuatnya bekerja lebih baik. Ia mengerem dengan sangat baik, dan karena itulah ia mampu mengerem lebih lambat dan lebih dalam ke tikungan. Ia juga menggunakan posisi tubuh lebih ke depan daripada Jorge,” terang Zeelenberg.

“Sesegeranya mengerem, posisi tubuh Jorge akan mundur demi menghasilkan corner speed tinggi. Mack ingin motor kami membelok lebih cepat, dan karena tubuhnya lebih ke depan, ia membelok lebih baik dan keluar dari tikungan lebih cepat pula. Selain itu, ia juga mengendalikan rem belakang dengan sangat baik, baik di tikungan kiri maupun kanan,” celotehnya.

“Banyak orang bilang kalau mereka memiliki kemiripan, namun gaya balap keduanya jelas cukup berbeda,” tukas Zeelenberg.

(rul)