Etape 14 Tour de France: Michael Matthews Jadi yang Tercepat, Jersey Kuning Milik Chris Froome

Chris Froome (Foto: Lionel Bonaventure/AFP)

Chris Froome (Foto: Lionel Bonaventure/AFP)

PARIS – Ajang balap sepeda paling prestisius telah menyelesaikan etape ke-14 pada Sabtu 15 Juli 2017. Ya, melakoni panggung ke-14 Tour de France, Michael Matthews keluar sebagai pemenang. Sementara puncak klasemen diamankan oleh Chris Froome.

Dalam balapan tersebut, Matthews sendiri berhasil menjadi pembalap tercepat usai menyelesaikan balap roda dua itu dengan catatan waktu 4 jam 21 menit 56 detik. Pembalap sepeda asal Tim Sunweb itu sukses mengungguli Greg van Avermaet dan Edvald Boasson Hagan.

“Kemenangan tak hanya berkat rencana hari ini (Sabtu), tapi merujuk pada semua strategi yang dibuat tim selama berbulan-bulan. Saya telah menargetkan menang sejak awal tahun. Saya pun menguatkan semangat dan semuanya menjadi kenyataan!” seru Matthews, dikutip dari BBC Sport, Minggu (16/7/2017).

Jika Matthews berhasil tampil di podium teratas, maka jersey kuning berhasil dipakai oleh Chris Froome. Menutup etape ke-14, pembalap sepeda berkebangsaan Inggris itu mengukuhkan waktu 59 jam 52 menit 9 detik dan berada di puncak klasemen. Kini Froome mengungguli Fabio Aru yang di etape 14 hanya puas finis urutan 30.

“Saya tidak pernah membayangkan akan mendapat jersey kuning kembali di etape ke-14. Ini sungguh hari yang luar biasa!” tukas Froome semringah.

(fmh)