Jelang Perebutan Tahta Tunggal Putra, Berikut Catatan Head to Head Roger Federer vs Marin Cilic

Federer vs Cilic (Foto: Justin Tallis/AFP)

Federer vs Cilic (Foto: Justin Tallis/AFP)

LONDON – Duel perebutan gelar juara tunggal putra Wimbledon 2017 antara Roger Federer melawan Marin Cilic akan berlangsung pada Minggu (16/7/2017) malam WIB. Usai kemenangan Garbine Murguruza di tunggal putri, Federer dan Cilic pun segera menyusul untuk memastikan siapa yang berhak mengangkat trofi juara.

Para penggemar tenis sendiri lebih mengunggulkan Federer untuk merebut gelar Wimbledon kedelapannya. Petenis asal Swiss itu akan berjuang untuk melampaui torehan tujuh gelar Wimbledon Pete Sampras.

Sementara bagi Cilic, pertemuan dengan Federer di final Wimbledon 2017 akan menjadi jalan untuk membalaskan dendam pada perempatfinal musim lalu dan berharap merebut gelar prestisius berikutnya usai mengukuhkan titel juara Amerika Serikat Terbuka 2014. Final musim 2017 sendiri menjadi penampilan pertama Cilic di Wimbledon.

Dalam statistik head to head kedua petenis andal itu, Federer sendiri memang jauh lebih unggul. Dalam tujuh pertemuan antara keduanya, petenis berusia 35 tahun itu menang dalam enam pertandingan. Sementara Cilic hanya sukses mengalahkan Federer pada semifinal Amerika Serikat Terbuka 2014.

Meski tak berbeda jauh di peringkat, namun catatan di lapangan memang menunjukkan keunggulan Federer atas Cilic. Pengalaman mumpuni Federer yang unjuk gigi sebagai petenis profesional pada 1998 digadang menjadi bekal tersendiri untuk mengalahkan rival berusia 28 tahun itu.

(fmh)