SPORTPEDIA: Martina Navratilova, Petenis Tunggal Putri Tersukses di Wimbledon

Martina Navratilova. (Foto: Allsport)

Martina Navratilova. (Foto: Allsport)

WIMBLEDON selalu menjadi tontonan menarik dan menghipnotis para penonton untuk melihat para petenis berbakat. Selain melihat kiprah dari para lelaki, tentu yang menjadi sorotan adalah atlet putri.

Martina Navratilova, merupakan salah satu legenda tunggal putri di kompetisi Wimbledon. Bagaimana tidak, sosok yang terlahir di Cekoslovakia –sekarang Republik Ceko - sukses meraup sembilan trofi yaitu pada 1978, 1979, 1982, 1983, 1984, 1985, 1986, 1987, dan 1990.  

Navratilova dikenal memiliki servis dan pukulan voli. Bahkan ia tampil begitu agresif hingga lawannya sulit menghentikan pukulannya.

Petenis yang berpindah kewarganegaraan Amerika Serikat itu memenangkan gelar Grand Slam pertamanya di Wimbledon pada  1978. Ia berhasil mengalahkan lawan beratnya, Chris Evert, lewat drama rubber set dan menduduki posisi nomor satu dunia untuk pertama kalinya.

Dominasi Navratilova tak terhentikan pada 1982 hingga 1987. Enam kali juara berturut-turut di Wimbledon membuat namanya berkibar di turnamen yang menggunakan rumput tersebut.

Pada 1990 menjadi gelar Wimbledon terakhir Navratilova. Sebab, ia kalah mentereng dengan salah satu petenis putri berpotensi  asal Jerman yaitu Steffi Graf. Namun, sepanjang kariernya, Navratilova memegang rekor juara tunggal putri dengan 167 kali menang.

(fmh)