SPORTPEDIA: Selain Jeff Horn, 2 Petinju Non-Unggulan Ini Pernah Tumbangkan Manny Pacquiao

Petinju Filipina, Manny Pacquiao (Foto: AFP)

Petinju Filipina, Manny Pacquiao (Foto: AFP)

PADA 2 Juli 2017, juara tinju dunia kelas welter versi WBO, Manny Pacquiao, melakukan pertandingan melawan Jeff Horn dalam upaya mempertahankan gelarnya. Kendati begitu, Pacquiao yang menjadi unggulan, nyatanya harus menerima kekalahan dari petinju asal Australia itu.

Hal itu pun harus membuat petinju berjuluk Pac-Man itu kehilangan gelarnya. Kekalahan tersebut juga sekaligus menjadi kekalahan ketujuh Pacquiao di sepanjang karier profesionalnya. Meski terhitung jarang menelan kekalahan, namun fakta membuktikan bahwa petinju Filipina itu ternyata pernah dikalahkan oleh dua orang petinju non-unggulan selain Jeff Horn.

Kekalahan pertama Pacquiao yang didapatnya dari petinju non-unggulan terjadi pada 9 Februari 1996. Kala itu Pacquiao harus melawan rekan senegaranya, Rustico Torrecampo. Pada pertandingan yang digelar di Mandaluyong itu, Pacquiao harus tumbang dengan cara knockout (KO) ketika memasuki ronde ketiga dari 10 ronde yang direncanakan.

Kekalahan tersebut juga sekaligus menjadi kekalahan pertama Pacquiao sejak memulai karier tinju profesionalnya pada Januari 1995. Meski demikian, kekalahan Pacquiao dari Torrecampo bukanlah kekalahan yang harus dibayar mahal, karena tidak memperebutkan gelar apa pun.

Berikutnya, kekalahan kedua Pacquiao dari petinju nonunggulan terjadi pada 17 September 1999. Pada pertandingan itu, Pacquiao harus berhadapan dengan petinju Thailand, Medgoen Singsurat, di Pakpanag Metropolitan Stadium, Thailand.

Hampir serupa dengan kekalahannya yang pertama, di pertandingan kedua ini, Pacquiao harus kalah dengan status technical knockout (TKO). Pasalnya, ketika memasuki ronde ketiga, wasit telah melihat Pacquiao kepayahan dan dinilai tidak bisa lagi melanjutkan pertandingan.

(fmh)