Sportpedia: Menilik Jumlah Poin Valentino Rossi dan Lorenzo di 9 Race Awal Bersama Ducati

Pembalap Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Pembalap Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo (Foto: Laman Resmi MotoGP)

MUSIM balap kompetisi MotoGP 2017 telah memasuki paruh musim. Para pembalap pun sudah dapat menilai kinerja mereka sepanjang sembilan kali balapan yang telah dilakoni. Di antara para pembalap, yang paling menarik perhatian tentu saja jika menilik capaian pembalap tersebut dalam sebuah tim yang baru.

Salah satu pembalap yang paling menarik perhatian dalam MotoGP 2017 adalah pembalap anyar milik Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo. Pasalnya, setelah sembilan tahun membela Tim Yamaha, pembalap berjuluk X-Fuera itu pun memutuskan untuk hengkang ke Ducati untuk musim kompetisi 2017.

Kendati demikian, pencapaian Lorenzo bersama tim barunya ternyata tidak dapat dikatakan bagus. Ekspektasi banyak pihak terhadap juara dunia MotoGP sebanyak tiga kali itu pun seperti timpang sebelah.

Hal itu dikarenakan hingga memasuki balapan kesembilan, Lorenzo hanya mampu mengantongi 65 poin. Lebih parahnya lagi, pembalap 30 tahun itu baru satu kali menginjakkan kakinya di atas podium, yaitu saat mentas di Sirkuit Jerez, Spanyol, dengan menempati posisi tiga.

Catatan yang ditorehkan Lorenzo tersebut di musim pertamanya bersama Ducati jelas lebih buruk dari apa yang ditorehkan oleh rivalnya, Valentino Rossi. Pasalnya, di musim pertama saat pembalap berjuluk The Doctor itu berseragam Ducati, yakni pada 2011, Rossi berhasil mendulang 98 poin dalam sembilan balapan awal yang dilakoninya.

(fmh)