Sportpedia: Sejak 2010, Marc Marquez Selalu Jadi yang Terbaik di MotoGP Jerman

Marc Marquez, Pembalap Repsol Honda (Foto: AFP)

Marc Marquez, Pembalap Repsol Honda (Foto: AFP)

TIDAK ada yang meragukan bahwa pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, merupakan salah satu pembalap terbaik dunia saat ini. Lebih mencengangkan, pembalap yang memiliki julukan The Baby Alien itu selalu menjadi juara dalam balapan di GP Jerman sejak 2010.

Hal itu jelas merupakan capaian yang luar biasa, karena Marquez baru memulai karier balapnya pada 2008. Pada 2010, kala menjuarai GP Jerman untuk pertama kali, pembalap asal Spanyol itu masih berlaga di kelas 125cc.

Satu tahun berselang, Marquez pun pindah kelas ke Moto2. Kendati demikian, performa apiknya di GP Jerman masih terus berlanjut. Pembalap yang identik dengan nomor motor 93 itu berhasil menjuarai GP Jerman selama dua tahun berturut-turut kala berlaga di kelas Moto2.

Pada 2013, saat Marquez mentas di kelas MotoGP untuk pertama kali, ia tetap mampu menjadi juara di Jerman, meskipun harus bersaing dengan para pembalap kawakan semisal Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Lebih spesial lagi, di tahun pertamanya di MotoGP, Marquez sukses menggondol gelar juara dunia MotoGP.

Keperkasaan Marquez di GP Jerman pun terus berlanjut hingga 2017. Paling terbaru, pembalap 24 tahun itu berhasil memenangkan persaingan dengan pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, di Sirkuit Sachsenring. Marquez tetap menjaga rekor tak terkalahkannya di GP Jerman, sedangkan Folger harus puas menduduki podium kedua kala berlaga di rumah sendiri.

(fmh)