Sport Time: Jelang Australia Open 2017, Ini 5 Wakil Terakhir Indonesia yang Berjaya di Negeri Kanguru

Pebulu Tangkis Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan (Foto: AFP)

Pebulu Tangkis Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan (Foto: AFP)

GELARAN Australia Open 2017 akan dimulai dari 20-25 Juni 2017 di Sydney. Indonesia tentu diharapkan akan mampu menyabet gelar juara dari lima kategori yang dilombakan. Kendati demikian, ternyata sejarah mencatat bahwa Indonesia tidak memiliki tren yang cukup positif di kejuaraan Superseries tersebut.

Sejak Australia Open pertama kali digelar pada 1975, tercatat Indonesia baru memenangkan kejuaraan tersebut sebanyak 14 kali dari seluruh lima kategori yang dilombakan. Namun, Indonesia harus berbangga karena dalam beberapa tahun terakhir, Tim Merah Putih telah berhasil mengubah tren negatif mereka di Australia Open. Berikut adalah lima wakil Indonesia yang terakhir kali berjaya di ajang Australia Open.

1. Markus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Ganda putra yang saat ini berperingkat tiga dunia itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil memenangkan Australia Open 2016. Di partai final, Markus/Kevin berhadapan dengan ganda Indonesia lainnya, yakni Angga Pratama/Ricky Karanda, dan berhasil memenangkan pertandingan tersebut dua set langsung, 21-14 dan 21-15.

2. Angga Pratama/Ryan Agung Saputra

Angga Pratama/Rian Agung Saputra merupakan pasangan ganda putra Indonesia yang berhasil memenangkan kejuaraan Australia Open 2013. Sama seperti Markus/Kevin, di partai puncak, Angga/Rian harus berhadapan dengan sesama rekannya dari Indonesia, Berry Angriawan/Yohanes Rendy. Kala itu, Angga/Rian memenangkan pertandingan tersebut dua set langsung, 21-11 dan 21-18.

3. Aprilsasi Putri/Vita Marissa

Masih di tahun yang sama dengan Angga/Rian, pasangan ganda putri Indonesia, Aprilsasi Putri/Vita Marissa juga berhasil menjuarai Australia Open 2013. Di partai final, Aprilsasi/Vita berhadapan dengan wakil Thailand, Savitree Amitrapai/Sapsiree Taerattanachai dan mengakhiri pertandingan dengan skor 21-19 dan 21-15.

4. Irfan Fadhilah/Weni Anggraini

Tahun 2013 menjadi tahun terbaik Indonesia di ajang Australia Open. Pasalnya, selain Angga/Ryan dan Aprilsasi Putri/Vita, terdapat juga nama Irfan Fadhilah/Weni Anggraini yang menjadi juara di turnamen tersebut. Ganda campuran Indonesia tersebut berhasil mengalahkan pasangan Korea Selatan, Shin Baek-Cheol/Jang Ye-Na, melalui drama tiga set, 21-14, 22-24, dan 21-16.

5. Markis Kido/Hendra Setiawan

Wakil Indonesia yang terakhir kali menjuarai Australia Open berikutnya adalah Markis Kido/Hendra Setiawan. Mantan ganda putra berperingkat satu dunia itu berhasil menyabet gelar tersebut pada 2012. Markis/Kido berhasil menumbangkan ganda Taiwan, Fang Cieh-Min/Lee Sheng-Mu, di partai final dengan skor 21-16 dan 21-15.

(fmh)