Sambut GP Belanda, Lorenzo: Cengkeraman Ban Baru Michelin Tidak Kuat

Jorge Lorenzo (Foto: Twitter @lorenzo99)

Jorge Lorenzo (Foto: Twitter @lorenzo99)

ASSEN – Balapan MotoGP Grand Prix (GP) 2017 akan segera memasuki seri kedelapan. Melaju di Sirkuit Assen, para pembalap akan segera menyambut gelaran Grand Prix (GP) Belanda, tak terkecuali Jorge Lorenzo.

Pembalap kawakan yang baru bergabung bersama Ducati itu segera membuka seri balapan di Assen usai mengoleksi torehan yang cukup baik dalam beberapa balapan terakhir. Lorenzo berhasil merebut podium kala melaju di Jerez.

Tampil dalam balap kuda besi paling prestisius itu, Lorenzo sendiri menggeber Desmosedici GP17 dengan ban anyar yang diperkenalkan produsen ban Michelin. Dengan kerangka yang lebih kaku, rider asal Spanyol itu mengaku ban baru memiliki kendala tersendiri.

“Menjadi lebih kaku, ban memang menawarkan stabilitas yang lebih ketika pengereman, namun cengkeraman malah menjadi lebih lemah,” ungkap Lorenzo, seperti dikutip dari Speedweek, Selasa (20/6/2017).

“Hal ini tidak menjadi masalah ketika temperatur tinggi. Kesulitan hanya muncul ketika temperatur menurun. Ketika temperatur rendah, ban tidak memiliki cengkeraman yang kuat,” tandas juara dunia MotoGP 2010, 2012, dan 2015 itu.

(fmh)