Ini Dia Hungaroring, Sirkuit Indah yang Dikelilingi Banyak Lembah

Sirkuit Hungaroring (Foto:AFP)

Sirkuit Hungaroring (Foto:AFP)

SIRKUIT Hungaroring merupakan salah satu sirkuit terkenal di Hungaria. Sirkuit sepanjang 4.381 kilometer tersebut terletak di Mogyorod, Budapest. Sirkuit yang dibuka sejak 1986 ini menjadi tuan rumah pentas Formula One (F1) hingga saat ini.

Sebelumnya, mantan supremo F1, Bernie Ecclestone, menginginkan sebuah perlombaan di Uni Soviet, namun seorang temannya yang berasal dari Hungaria, merekomendasikan sirkuit yang terletak di Budapest ini.

Ecclestone sangat menginginkan balapan di sebuah sirkuit jalanan yang mirip dengan Sirkuit de Monaco. Awalnya sirkuit tersebut berencana dibangun di Nepliget, namun pemerintah Hungaria memutuskan untuk membangun sebuah sirkuit baru di luar kota yang terletak di dekat jalan raya utama yang dimulai pada 1 Oktober 1985.

Karena memiliki banyak kesamaan dengan sirkuit Monaco, maka Sirkuit Hungaroring ini kerap dijuluki ‘Sirkuit Monaco tanpa Bangunan”. Pasalnya, sirkuit ini memiliki lintasan yang sempit seperti sirkuit yang terletak di Monte Carlo tersebut, hanya saja sirkuit Hungaroring tidak memiliki dinding pembatas dan banyak bangunan seperti Sirkuit de Monaco.

Perlombaan di Sirkuit Hungaroring biasanya dilakukan pada pertengahan musim dengan cuacanya yang panas dan kering. Sirkuit ini biasanya berdebu karena kurang dimanfaatkan sepanjang akhir tahun selain itu banyak tanah berpasir di dalam lintasan mengingat wilayah Mogyorod terdiri dari 80% lembah dan dapat dilihat dari titik manapun.

Sirkuit ini menjadi salah satu sirkuit yang cukup sulit bagi setiap pembalap F1. Pasalnya sirkuit ini memiliki lintasan berkelok-kelok dan bergelombang yang membuat para pembalap kesulitan untuk menyalip saat dalam kondisi kering.

Meski memiliki tingkat kesulitan yang cukup besar, namun beberapa veteran F1 seperti Nelson Piquet dan Aryton Senna dan Nigel Mansell telah mengukir sejarah besar di lintasan ini.

Sepanjang sejarahnya sirkuit ini telah tiga kali direnovasi. Pada musim 1986-1988 Sirkuit Hungaroring memiliki panjang 4,104 kilometer dengan 16 tikungan di dalamnya. Namun pada musim 1989-2002 tiga tikungan di sirkuit ini dipangkas dan jaraknya berubah menjadi 3,975 kilometer.

Musim 2003 Hungaroring kembali direnovasi dengan menambahkan satu tikungan, alhasil panjang lintasan ini menjadi 4.381 kilometer.

(lsk)