Semakin ke Sini, Wisata Golf di Indonesia Semakin Berkembang

Foto: Permata Sentul Golf

Foto: Permata Sentul Golf

ASOSIASI Pemilik Lapangan Golf Indonesia (APLGI) mengaku wisata golf di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan. Hal itu karena pemerintah aktif mempromosikan lapangan golf  di Indonesia, tatkala mereka sedang berada di luar negeri.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata aktif melakukan promosi lapangan golf ke berbagai negara. Sebut saja Jepang dan Korea Selatan. Saat mengunjungi negara itu, pemerintah melibatkan APLGI sebagai narasumber.

“Kami sangat gembira melihat upaya pemerintah untuk terus mempromosikan lapangan-lapangan golf di Indonesia. Kami berharap program yang dijalankan pemerintah ini semakin berkualitas sehingga jumlah wisatawan golf semakin bertambah dari tahun ke tahun,” kata Sekretaris Jenderal APLGI, Feliks Hariyanto di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Demi meningkatkan daya saing, APLGI mendorong anggotanya yang terdiri dari 62 lapangan untuk segera disertifikasi. Sertifikasi menjadi penting demi meningkatkan kualitas produk pelayanan dan pengelolaan, pemerintah mewajibkan program sertifikasi kepada seluruh usaha pariwisata termasuk lapangan golf.

Sejauh ini sudah ada 5 lapangan golf yang dinyatakan lulus sertifikasi. Mereka ialah Cengkareng Golf Club (Banten), Royal Sumatra Golf (Sumatera Utara), Permata Sentul Golf (Jawa Barat), Lotus Lakes Golf Club (Jawa Barat) dan Golf Graha Famili (Jawa Timur).

Dengan menjamurnya lapangan golf di Indonesia, diharapkan jumlah pengunjung wisata golf di Tanah Air semakin membludak. Apalagi, keberadaan lapangan-lapangan golf di Indonesia ikut memberikan kontribusi untuk pembangunan negara, misalnya menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dan tersedianya ruang terbuka hijau.

(lsk)