Siap Bertanding di Jepang, Atlet Federasi Arung Jeram Indonesia Kekurangan Dana

BOGOR - Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Provinsi Jawa Barat siap memberangkatkan 3 tim atlet arung jeram andalannya untuk mewakili Indonesia dalam ajang World Rafting Champion (WRC) 2017 di Jepang.

Manajer tim arung jeram U-19 Putri, Toni Eot mengatakan para atlet sudah mempersiapkan diri mulai dari latihan fisik maupun teknik untuk menghadapi kejuaraan tersebut. "Persiapan kita sudah 50 persen. Sampai sekarang mereka terus berlatih untuk menghadapi kejuraan itu," kata Toni, usai menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) FAJI Jabar di Bogor, Rabu (14/6/2017).

Toni menambahkan, dalam kejuaraan yang diikuiti sekitar 18 negara tersebut, Indonesia mendapatkan kuota 5 tim atlet arung jeram yakni dari Jakarta 2 tim, Yogyakarta 1 tim dan Jawa Barat 3 tim. "Untuk Jawa Barat, kami mengirimkan tiga tim yaitu U-19 putri, U-19 putra dan junior putra," jelasnya.

Meski telah siap diberangkatkan, masih terdapat beberapa kendala yang bisa membatalkan pengiriman para atlet ke salah satunya administrasi. "Satu kunciannya adalah bagaimana tim bisa mendapatkan dana yang fantastis ini jumlahnya karena ini di luar negeri, resmi dan bergengsi. Selama ini kami hanya dibantu dari vendor perlengkapan arung jeram," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah dapat memberi dukungan baik moral maupun moril dalam ajang kejuaraan dunia yang akan diselenggarakan pada 2-9 oktober 2017. "Kita punya punya harapan temen kita ini bisa membawa nama baik Indonesia. Sampai hari ini temen-temen atlet masih berlatih untuk bisa diberangkatkan ke Jepang," tuntasnya.

(fmh)