Dituduh Kerjasama dengan Ferrari, Ini Komentar Pirelli

Pirelli (Foto:AFP)

Pirelli (Foto:AFP)

MILAN – Pemasok ban Formula One (F1), Pirelli, membantah tuduhan atas kerjasama khusus yang dibangun dengan tim asal Italia, Ferrari. Pasalnya tim berlogo Kuda Jingkrak tersebut sukses bangkit dari keterpurukan dan mengalahkan dominasi Mercedes pada musim 2017.

Belakangan ini, Bos Mercedes, Toto Wolff, berbicara mengenai kabar yang diberi nama Misteri Italia. Ia menghubungkan kinerja baik Ferrari sepanjang musim 2017 dengan ban slick buatan perusahaan asal Italia tersebut.

Selain itu kabar berbeda juga mengatakan para pembalap Ferrari mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk menjajal ban baru Pirelli. Kabarnya Sebastian Vettel telah menghabiskan 2 ribu kilometer sementara Kimi Raikkonen telah melewati seribu kilometer untuk menjajal ban baru miliki Pirelli.

Hal ini tentunya berbeda dengan jarak tempuh yang dijalani pembalap Mercedes, Lewis Hamilton yang hanya menghabiskan 50 kilometer untuk menjajal komponen baru ban Pirelli. Mendengar kabar tersebut direktur Pirelli, Paul Hembery, langsung membantah tuduhan tersebut.

“Ya, memang Sebastian melakukan banyak pengujian dengan ban baru ini. Ini memang sangat intens dan dia memberikan kami banyak umpan balik. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas hal tersebut,” terang Hembery, menyadur dari GPupdate, Kamis (15/6/2017).

“Namun saya yakin ia tidak mengetahui tentang tes yang dia lakukan. Dia buta dalam mengetahui komponen ban, namun kemungkinan efek psikologis telah banyak membantunya,” tuntasnya.

(lsk)