Sportpedia: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Wakil Tanah Air Terakhir yang Jadi Kampiun Indonesia Open

Ahsan/Hendra wakil terakhir Indonesia yang juara Indonesia Open. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Ahsan/Hendra wakil terakhir Indonesia yang juara Indonesia Open. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

UNTUK ke-36 kalinya, Indonesia menggelar kejuaraan bulu tangkis Indonesia Open pada 2017. Tercatat di 4 nomor (tunggal putra, ganda putra, putri dan campuran), wakil-wakil Indonesia masih tercatat sebagai pengoleksi gelar terbanyak.

Meski terhitung sukses, nyatanya sudah lama perwakilan Tanah Air gagal menjadi kampiun di Indonesia Open. Momen terakhir tercipta pada 2013, atau sudah 4 tahun lamanya.

Wakil Indonesia terakhir yang menjadi juara ialah pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan yang merupakan juara dunia pada 2013 dan 2015 itu tampil brilian pada Indonesia Open 2013.

Secara berturut-turut sejak babak pertama, Ahsan/Hendra mengalahkan ganda putra asal Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, Berry Angriawan/Yohanes Rendy (Indonesia – 16 besar), Cai Yun Fu Hai Feng (China – perempatfinal) dan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia –semifinal).

Pada partai puncak mereka berhadapan dengan wakil Korea Selatan Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun. Secara luar biasa Ahsan/Hendra menang straight set 21-14 dan 21-18. Setelah itu pada edisi 2014, 2015 dan 2016, Indonesia nihil gelar!

Tentu harapannya, pebulu tangkis Tanah Air yang tampil di Indonesia Open 2017 dapat mengulangi pencapaian Ahsan/Hendra. Meski Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon sudah tersingkir di babak pertama Indonesia Open 2017, Indonesia masih memiliki jagoan seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran), Anthony Ginting (tunggal putra) dan Angga Pramata/Ricky Karanda Suwardi (ganda putra) yang dapat diberikan beban untuk menjadi juara.

(Ram)