Sirkuit Montreal, Serunya Menonton Balapan Formula 1 di Tepi Sungai

Sirkuit Montreal (Foto: Laman resmi Formula 1)

Sirkuit Montreal (Foto: Laman resmi Formula 1)

KANADA merupakan satu dari sekian banyak negara yang ditunjuk sebagai penyelenggara balap Formula 1 (F1) setiap tahunnya. Namun, negara yang identik dengan daun maple itu memiliki cirri khas tersendiri tiap kali menggelar hajatan balap mobil kasta tertinggi itu.

Ya, berlangsung di Sirkuit Montreal, balapan F1 Grand Prix (GP) Kanada menyuguhkan balapan yang seru nan indah. Tentunya, Sirkuit Montreal menyajikan pemandangan tepi sungai lengkap dengan pohon-pohon rindang di sekeliling lintasan.

Terletak di Kota Montreal, Kanada, Sirkuit Montreal berdiri kukuh di pinggir sungai yang membentang di kota terpadat di Provinsi Quebec. Sirkuit ini pun memanjakan mata para penggemar yang hadir menikmati balap rangka besi itu.

Dibangun pada 1978, sirkuit ini dibuka pertama kalinya masih di tahun yang sama. Sirkuit Montreal pun telah menjadi tempat balapan F1 selama 30 tahun. Sempat digantikan oleh Sirkuit Abu Dhabi pada 2009, kini Montreal tidak pernah luput meramaikan gelaran F1.

Sirkuit Montreal pada awalnya memiliki nama Circuit Ile Notre-Dame. Namun, pada 1982, nama sirkuit diganti menjadi Circuit Gilles Villeneuve yang merujuk pada nama pembalap legendaris yang tewas pada tahun itu.

Sirkuit sepanjang 4,3 km itu sendiri terletak di sebuah komplek taman publik bernama Parc Jean-Drapeau. Tak aneh jika pemandangan di Sirkuit Montreal pun mampu membuat para penggemar betah menonton balapan.

Bagi pembalap sendiri, Sirkuit Montreal selalu menjadi lintasan balap yang menantang. Melaju dengan jarak total 305,27 km, para driver andalan tim yang tampil di balap rangka besi pun harus menghabiskan 70 lap.

Melaju di Sirkuit Montreal, para pembalap andal akan menemukan 13 tikungan. Sementara sirkuit indah itu juga memiliki satu tikungan yang sangat terkenal dan penuh arti. Melengkapi keistimewaannya, Sirkuit Montreal memiliki tikungan berjuluk Senna ‘S’.

Anda tentu familiar dengan nama tersebut. Ya, tikungan berbentuk huruf S itu diambil dari nama pembalap F1 legendaris asal Brasil, Ayrton Senna. Dengan kerumitannya, tikungan ganda ini menuntut fokus tiap pembalap.

Selama mengisi kalender hajatan F1, gelar raja Sirkuit Montreal sendiri berhak diberikan kepada Michael Schumacher dengan total tujuh kali kemenangan. Sementara dalam balapan teranyar GP Kanada 2017, Lewis Hamilton tampil dengan mobil Mercedes andalannya di urutan pertama. Hamilton pun mengoleksi enam kemenangan di Montreal, selisih satu angka dari Schumacher.

(fmh)