Ini Strategi Esthon Foenay Membangun Prestasi Olahraga di NTT

Esthon Foenay ingin kembangkan Olahraga di NTT. (Foto: Adi Rianghepat/Okezone)

Esthon Foenay ingin kembangkan Olahraga di NTT. (Foto: Adi Rianghepat/Okezone)

KUPANG - Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) yang didukung Gerindra dan Perindo, Esthon L Foenay memiliki strategi khusus mengembangkan prestasi olahraga di Provinsi Selaksa Nusa itu.

Dia menilai dengan olahraga, kaum muda di NTT bisa memiliki semangat juang tangguh untuk terlibat aktif dalam pembangunan daerah dan bangsa ini. 

"Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa sehat. Itu harus benar-benar terwujud di daerah ini," kata Esthon kepada Okezone, Senin (12/6/2017).

Jika terpilih menjadi Gubernur NTT periode 2018-2023, komitmennya membangun prestasi olahraga daerah itu menjadi hal wajib. Mendorong peningkatan prestasi para atlet bisa dimulai dari pembinaan masif dengan dukungan sarana dan prasarana memadai di daerah-daerah.

Gedung olahraga (GOR) yang representatif akan dibangun di 22 kabupaten dan kota di Provinsi NTT itu. Dengan fasilitas itu, akan memudahkan pembinaan prestasi olahraga para atlet di daerah. 

"Kalau sekarang kan GOR yang ada cuma di level provinsi dan itupun alakadarnya. Kami akan tingkatkan agar benar-benar menjadi gedung olahraga sesungguhnya," kata Ketua Harian KONI periode 2008-2013 itu.

Selain bangunan fisik olahraga, peningkatan mutu para pelatih dan pemerhati olahraga di daerah juga akan ditingkatkan. Akan ada satu lembaga khusus untuk menjadi tempat bagi para pemerhati dan pelatih olahraga. 

"Minimal kami akan berikan perhatian berupa insentif memadai. Kalau sekarang mereka tidak diperhatikan bagaimana mungkin mereka bisa sungguh-sungguh mengembangkan olahraga di daerah ini," katanya.

Semua rancang bangun kebijakan itu sudah tertuang dalam visi dan misi program kerja pasangan Esthon L Foenay-Christian Rotok. "Tinggal kami implementasikan saat memimpin derah ini. Ini tidak sulit karena kami punya pengalaman," kata Wakil Gubernur NTT periode 2008-2013 itu.

(Ram)