Sirkuit Monte Carlo, Sensasi Membalap di Tepi Pantai Selatan Prancis

Sirkuit Monte Carlo, Monaco (Foto: AFP)

Sirkuit Monte Carlo, Monaco (Foto: AFP)

SIRKUIT Monte Carlo yang terdapat di Monaco merupakan salah satu sirkuit balap yang digunakan untuk kejuaraan Formula One (F1) sejak tahun-tahun pertama kejuaraan tersebut diselenggarakan. Ya, Sirkuit Monte Carlo sudah digunakan sebagai arena balap F1 sejak 1950.

Memiliki panjang sirkuit sejauh 3.337 kilometer, Monte Carlo telah menjadi salah satu sirkuit yang paling bergengsi di dunia balap mobil. Para peserta F1 diwajibkan melakukan putaran sebanyak 78 kali untuk bisa mencapai garis finis di sirkuit tersebut.

Sejauh ini, pembalap asal Brasil, Ayrton Senna, merupakan pembalap yang paling sering memenangkan balapan di Sirkuit Monte Carlo, yakni enam kali. Tercatat, Senna telah memenangkan balapan pada 1987, 1989, 1990, 1991, 1992, dan 1993.

Rekor Senna tersebut sepertinya akan sulit dipecahkan oleh para pembalap F1 sekarang ini. Pasalnya, bila melihat nama-nama pembalap yang masih aktif sekarang ini, terdapat jarak yang cukup jauh dengan total kemenangan yang telah diraih Senna di Monte Carlo.

Fernando Alonso, Lewis Hamilton, dan Sebastian Vettel merupakan tiga pembalap yang saat ini masih aktif dan memiliki kemungkinan yang kecil untuk memecahkan rekor Senna tersebut. Karena, ketiga pembalap itu masing-masing baru mengemas dua kemenangan.

Kendati demikian, di tahun 2017, Sergio Perez berhasil memecahkan rekor putaran tercepat. Pembalap berkebangsaan Meksiko itu berhasil mendapatkan waktu 1 menit 14,820 detik kala melintas di sirkuit yang memiliki 19 tikungan tersebut.

(fmh)
TAG : pantai