Sirkuit Sochi Autodrom, Balapan dengan Sensasi Olimpiade Musim Dingin

Sirkuit Sochi Autodrom (Foto: Andrej Isakovic/AFP)

Sirkuit Sochi Autodrom (Foto: Andrej Isakovic/AFP)

SIRKUIT Sochi Autodrom, sebelumnya dikenal sebagai Sirkuit Jalan Raya Sochi dan Sirkuit Olympic Park Sochi. Sirkuit yang memiliki panjang 5,848 km itu merupakan salah satu sirkuit yang digunakan oleh balapan Formula One (F1) sejak 2014 hingga 2021.

Sirkuit yang terletak di Kota Sochi, Krasnodar Krai, Rusia bisa dibilang unik karena lokasinya yang dekat dengan Olympic Park Sochi yang merupakan tempat diselenggarakannya Olimpiade Musim Dingin pada 2014.

Keunikan lainnya adalah pengunjung dapat melakukan tour mengelilingi sirkuit Sochi yang disediakan oleh pihak sirkuit. Pengunjung akan ditemani oleh tour guide yang akan menunjukkan sejarah F1 di Rusia dan hal menarik lainnya yang ada di Sirkuit Sochi, termasuk ke bagian paddock. Fasilitas tour tersebut dibuka setiap hari pada pukul 12.00, 14.30 dan 17.00 waktu setempat. Untuk harga anda bisa merogoh kocek 500 rubel rusia atau sekira Rp116 ribu.

Fasilitas menarik lainnya dari Sirkuit Sochi adalah pengunjung dapat melakukan Master Class yang akan dibimbing oleh instruktur profesional. Pengunjung akan diajak mengelilingi sirkuit untuk merasakan sensasi layaknya para pembalap F1. Terdapat banyak mobil pilihan untuk bisa dikendarai dan tentunya dengan harga yang berbeda. Sebut saja seperti menyewa mobil Mercedes dan Ferrari yang dipatok harga dengan 10 ribu rubel rusia atau sekira Rp2,3 juta.

Tak hanya merasakan, pengunjung yang sudah dalam ahli melakukan balapan memiliki kesempatan untuk bisa mengasapal di Sirkuit Sochi. Namun, mereka akan dikenakan biaya untuk bisa mewujudkan tersebut. Salah satunya seperti 20 menit mengaspal di sirkuit akan dikenakan biaya sewa sebesar empat ribu rubel rusia atau sekira Rp900 ribu.

Meski identik dengan balapan mobil, Sirkuit Sochi juga membuka fasilitas lainnya yang bernama Motto School. Sekolah tersebut didirikan untuk memberikan pengalaman kepada para pembalap yang ingin ahli menunggangi motor. Tenang saja, instruktur profesional akan membimbing kepada setiap pengunjung atau masyarakat yang ingin bergabung ke Motto School.

(fmh)