Persiapan Gowes Nusantara dan Galadesa di Bontang Sudah 100 Persen

Gowes Pesona Nusantara (Foto: Istimewa)

Gowes Pesona Nusantara (Foto: Istimewa)

BONTANG- Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) melanjutkan program Gowes Pesona Nusantara dan Galadesa. Kali ini, kota Bontang, Kalimantan Timur, yang mendapatkan kesempatan istimewa untuk menggelar program kampanye Ayo Olahraga dari kementerian pimpinan Imam Nahrawi tersebut.

Start dan kick off Gowes Pesona Nusantara dan Galadesa sendiri digelar pada Minggu (21/5) pagi di stadion Bessai Berinta, Bontang. Deputi III Kemenpora R. Isnanta yang akan memimpin seremonial pelaksanaan even yang masuk salah satu program andalan Kemenpora tersebut.

"Kami sudah memulai di empat titik terdepan Indonesia yakni Sabang-Aceh, Tarakan-Kalimantan Utara, Merauke- Papua, dan Atambua-NTT. Terispirasi semangat di empat titik itu, kami lakukan start pekan kedua di titik estafet berikutnya, Jayapura-Papua, Medan-Sumatera Utara, Belu-NTT, dan Bontang- Kaltim," katanya, saat meninjau persiapan di titik start acara di Bontang, Sabtu (20/5) sore.

Pria asal Yogyakarta itu menuturkan, program ini sejatinya telah berjalan selaras dengan program kebijakan pembangunan nasional, mulai dari desa di titik terluar, dan terdepan Indonesia. Dia merasa, program Gowes dan Galadesa ini ternyata cukup mengena di masyarakat karena antusiasme yang tinggi.

Melakukan pengamatan dari pekan pertama, Even yang akan berakhir pelaksanaannya di hari olahraga nasional pada September mendatang, menurut Isnanta telah menjadi sarana yang efektif untuk mengajak masyarakat berolahraga sekaligus mengenal budaya Indonesia dan pesona Indonesia.

"Kegiatan ini telah memberikan gairah baru di tengah-tengah menipisnya rasa kebangsaan dan rapuhnya semnagat kebinekaan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gowes dan Galadesa di Bontang, Sopia Marny Tuegeh, menegaskan bahwa antusiasme sampai H-1 sangat besar. Untuk Gowes, sejauh ini peserta membeludak dari 1000 yang ditargetkan ambil bagian, kini telah mencapai 1800-an pegowes dari sekitar Bontang dan Kaltim.

"Masyarakat ternyata sangat menantikan kegiatan seperti ini. Tadi sudah persiapan, 100 persen tinggal jalan," tegasnya.

Kick off sendiri dijadwalkan sekitar pukul 08.00 WIB pada Minggu pagi. Untuk rutenya, lanjut Sopia, akan menempuh jarak sejauh 19,5 Km. Itu akan melewati seluruh jalur utama jalanan di dari ujung kota Bontang, Loktuan, sampai melewati Bontang Kuala.

"Kami juga akan lewatkan para peserta di tempat-tempat tujuan wisata di Bontang, terutama wisata hutan mangrove kami yang baru mendapatkan penghargaan," tandasnya.

(lsk)